Ketahanan Informasi

Sukseskan Pemilu 2019, Kodim 0818 Malang-Batu ikuti Rapat Pleno PPK Ngajum

Sukseskan Pemilu 2019, Kodim 0818 Malang-Batu ikuti Rapat Pleno PPK Ngajum Rapat PPK Ngajum dihadiri Muspika. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Kamis, 21 Maret 2019 - 06:25

TIMESINDONESIA, MALANG – Jajaran Kodim 0818 Malang-Batu turut menyukseskan Pemilu yang akan digelar pada 17 April 2019 mendatang.

Salah satu caranya dengan menghadiri Pelaksanaan kegiatan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb - II) untuk Pemilihan Umum Tahun 2019 Panitia Pemilihan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang.

Kodim-Penyerahan-hasil-PPK-Ngajum.jpg

Penyerahan hasil PPK Ngajum kepada Panwaslu. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Kec. Ngajum JIn. Ahmad Yani 76 Desa Ngajum Kec. Ngajum Kab. Malang, Selasa (20/03/19).

Acara rapat Pleno tersebut dihadiri oleh Danramil 0818/ 09 Ngajum Kapten Arh Pitono beserta Anggota Koramil, Wakapolsek Ngajum Iptu AR Suhardi, Sekcam Ngajum Deni Caparianto M.Si, Ketua PPK Kec. Ngajum Rodhy Subiyanto S.Pd. beserta anggota PPK, Panwascam Kalipare Eko Yulianto beserta anggota, PPS se- Kec. Ngajum, PPL se-Kec. Ngajum dan Perwakilan dari Partai PAN
Bpk. Kusnadi.

Kodim-Peserta-Rapat-PPK-Ngajum.jpg

Peserta Rapat PPK Ngajum. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Sekcam Ngajum Deni Caparianto M.Si dalam sambutannya menyampaikan sebagai Panitia Pemilihan Suara harus benar-benar netral sesuai sumpah pada saat dilantik.

"Hal ini harus dipersiapkan petugas Linmas atau Penyelenggaran Pemilu ( Pengawas TPS dan anggota KPPS ) agar dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres berjalan dengan lancar serta aman," ujarnya.

Ia menambahkan soal keamanan dalam pelaksanaan Pemilu nanti, Linmas agar selalu mengadakan koordinasi dengan pihak terkait seperti Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

"Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus terus berkoordinasi dengan atasannya, sehingga jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tak diinginkan dapat segera mengambil tindakan," ungkapnya.

Deni juga mengatakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) harus selektif. Sebab hal ini rawan dan minimal Muspika tahu berapa jumlah Pemiilih di wilayah Kec. Ngajum. "Termasuk juga tentang jumlah TPS yang tersedia mohon diinformasikan kepada Komisioner PPK dan tentang KPPS di inventarisir, juga mengenai Pengamanannya yaitu Pam terbuka dan tertutup, karena kita harus sama-sama menjaga agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak terpantau," pungkasnya.

Sambutan Ketua PPK Kec. Ngajum Sdr. Rodhy Subiyanto S.Pd menyampaikan Ucapan terima kasih kepada hadirin yang dapat hadir dalam Kegiatan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb - II) untuk Pemilihan Umum Tahun 2019 karena Pelaksanaan Pemilu 2019 akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Pelaksanaan Pemilu 2019 ini berbeda dengan Pemilu sebelumnya, sebab baru pemilu kali ini dilaksanakan secara online maka untuk menarik hak pilih yang sudah terdaftar di tempat tinggalnya untuk pindah ke lain daerah maupun lain Desa dapat dilakukan lewat KPU.

Ia juga berpesan dalam rencana pelantikan KPPS pada akhir Maret 2019, diharapkan ada pendampingan dari PPS kepada KPPS agar dalam penyelenggaraan Pemilu tidak akan terjadi hal yang dapat merugikan pihak lain seperti memanipulasi hasil suara, dan sebagainya.

Sementara itu dari Kodim 0818 Malang-Batu, Danramil 0818/ 09 Ngajum Kapten Arh Pitono menekankan koordinasi yang baik dari panitia penyelengara pemilu. "Kepada Panitia Penyelenggara Pemilu agar Lokasi TPS yang tergelar di wilayah Kec. Ngajum mohon untuk dikoordinasikan dan di informasikan kepada Muspika sehubungan dengan Penempatan Pasukan dalam Pam Pemilu 2019 ini sehingga dapat berjalan dengan lancar, sukses dan aman," ungkapnya. (*)

Jurnalis : Yeremia (CR-084)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Loading...
Registration