Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Serunya Kegiatan Tengah Semester SD Khadijah Wonorejo di Kebun Raya Purwodadi

Kamis, 21 Maret 2019 - 06:04 | 192.82k
Siswa SD Khadijah Wonorejo tengah mengikuti wisata alam dalam rangka kegiatan tengah semester di Kebun Rya Purwodadi, Senin (18/3/2019). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Siswa SD Khadijah Wonorejo tengah mengikuti wisata alam dalam rangka kegiatan tengah semester di Kebun Rya Purwodadi, Senin (18/3/2019). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, SURABAYASD Khadijah Wonorejo mengisi kegiatan tengah semester dengan menggelar wisata alam bertema “Smart With Nature”, Senin (18/3/2019). Kegiatan yang diikuti oleh seluruh kelas X tersebut dilaksanakan di Kebun Raya Purwodadi.

Muhammad Iqbal, Kepala SD Khadijah Wonorejo, mengatakan jika kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih kemandirian dalam melakukan proses belajar lingkungan di luar sekolah.

SD-Khadijah-Wonorejo2.jpg

“Anak-anak kami ajak lebih dekat dengan alam. Agar mereka belajar langsung tentang jenis tumbuhan serta mencintai lingkungan,” tuturnya.

Rombongan dibagi menjadi 2 bus, rombongan berangkat dari Surabaya pada pukul 07.00 dan tiba di lokasi pukul 08.30, sebelum memulai perjalanan, seluruh siswa membaca do’a naik berkendara dan kemudian doa sebelum belajar.  

SD-Khadijah-Wonorejo3.jpg

Sambutan hangat dari pada pemandu membuat siswa lekas akrab.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan berbagai macam jenis tumbuhan melalui observasi yang didampingi oleh pemandu kebun raya Purwodadi. Bukan jenis tumbuhannya namun ragam manfaat yang didapat dari tumbuan juga dipelajari siswa, seperti pemanfaatan tanaman obat.

Selain itu kegiatan ini juga untuk melatih kerjasama dan tanggung jawab dalam diri siswa. Karena itu pemandu memberikan 3 permainan yang mengasah kekompakan dan tanggung jawab. Yaitu estafet air, estafet kelereng dan estafet balon.

Kegiatan semakin seru saat siswa mendapat tugas membuat boneka dan montase dari daun-daun yang mereka temukan di sekitarnya. Prakarya ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas dan melatih ketelitian siswa.

Siswa SD Khadijah Wonorejo sangat menikmati kunjungan di Kebun Raya Purwodadi. Tak lupa mereka mengabadikan kegiatan ini dalam bingkai foto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES