Peristiwa Daerah

Rizal Ramli Dorong Pemilihan Rektor Dikembalikan ke Senat Guru Besar

Kamis, 21 Maret 2019 - 01:08 | 101.69k
Rizal Ramli (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Rizal Ramli (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Untuk membenahi kualitas dunia pendidikan, khususnya Perguruan Tinggi, tokoh nasional yang juga ekonom senior, Rizal Ramli mendorong agar sistem pemilihan rektor dikembalikan seperti semula. sepenuhnya berada di pihak kampus.

"Kualitas pendidikan tinggi masih rendah karena feodalisme dan birokratisasi. Pemilihan rektor harus dikembalikan ke Senat Guru Besar lagi agar tidak terjadi campur tangan politik dan permainan uang," kata Rizal Ramli dalam sebuah acara di stasiun Televisi Swasta, Rabu (20/03/2019).

Diketahui, berdasarkan PISA index, yang mengukur kemampuan literasi, matematika, dan sains anak-anak usia di bawah 15 tahun, Indonesia menduduki peringkat ke-62 dari 72 negara. 

Kemudian, berdasarkan QS World University Rankings, dari 500 besar Dunia hanya 3 perguruan tinggi Indonesia yang masuk, yaitu UI (277), ITB (331), dan UGM (402).

Menurut dia, penyelesaian masalah pendidikan tidak bisa hanya dengan bagi-bagi kartu.

"Kualitas pendidikan yang rendah hanya bisa diperbaiki dengan penyederhanaan kurikulum pendidikan menengah ke bawah, penghapusan Ujian Nasional (UN), strategi kompetisi nasional dan regional (dengan alokasi minimal Rp 20 triliun), perbaikan kualitas guru, dan UU Land Grant serta bebas pajak universitas," kata Rizal Ramli. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES