Gaya Hidup

Awas! Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi

Kamis, 21 Maret 2019 - 04:49 | 100.71k
ILUSTRASI (FOTO: Kaskus)
ILUSTRASI (FOTO: Kaskus)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pakar kesehatan menyebut ada banyak kebiasaan yang sering kita lakukan yang ternyata juga bisa menyebabkan datangnya masalah kolesterol tinggi. Apa saja kebiasaan yang memicu kolesterol tinggi?

Dilansir dari Dokter Sehat, berikut ini kebiasaan yang memicu kenaikan kolesterol pada tubuh seseorang.

1. Menghindari semua jenis lemak, termasuk lemak baik

Lemak sudah terlanjur dianggap sebagai kandungan makanan yang tidak sehat. Bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan, lemak bahkan dianggap sebagai musuh yang harus benar-benar dihindari. Padahal, tubuh sebenarnya masih membutuhkan lemak untuk menjalankan berbagai sistem.

Masih ada lemak sehat yang baik kesehatan tubuh. Sebagai contoh, lemak yang ada di dalam buah alpukat, yoghurt, atau di dalam kelapa masih bisa memberikan manfaat. Jika kita juga menghindari lemak baik ini, dikhawatirkan kadar kolesterol jahat akan naik.

2. Terlalu sering makan roti

Roti putih, biskuit, dan berbagai kue biasanya dibuat dari tepung dan bahan tambahan lainnya yang bisa memicu peningkatan kolesterol dan risiko diabetes. Karena alasan inilah sebaiknya kita tidak terlalu sering mengonsumsinya, apalagi menjadikannya camilan. Jika memang ingin makan roti, pilihlah roti gandum yang tinggi serat dan jauh lebih sehat.

3. Jarang mengonsumsi serat

Jika kita menerapkan pola makan yang tidak sehat, termasuk dalam hal jarang mengonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah, maka kita pun akan lebih rentan terkena kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya serat yang menghambat proses penyerapan kolesterol dari berbagai macam makanan yang kita konsumsi.

4. Terlalu sering makan daging

Daging memang memiliki rasa yang enak, namun kita sebaiknya memang membatasi konsumsinya. Jika kita mengonsumsinya setiap hari, maka risiko terkena kolesterol tinggi bisa meningkat dengan signifikan.

5. Jarang mengonsumsi kalsium

Kalsium bisa didapatkan dari makanan dan minuman layaknya susu, telur, dan sayur bayam. Jika kita malas mengonsumsinya, maka risiko untuk mengalami kolesterol tinggi akan meningkat. Selain itu, kekurangan kalsium juga bisa membuat kekuatan tulang menurun dengan signifikan.

6. Mengonsumsi minuman beralkohol

Sudah menjadi rahasia umum jika minuman beralkohol bisa membahayakan kesehatan. Jika kita terbiasa mengonsumsinya, maka risiko terkena penyakit hati atau kolesterol tinggi bisa meningkat dengan signifikan.

7. Kurang gerak

Jika kita termasuk dalam orang yang malas bergerak seperti malas berolahraga dan jarang bergerak karena terlalu sering menggunakan komputer atau gadget, maka risiko untuk terkena masalah kolesterol tinggi dan peningkatan berat badan akan naik dengan signifikan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Dokter Sehat

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES