Politik Jokowi-Makruf Amin

Soal Survei Litbang Kompas, KH Ma'ruf Amin: Ambil Tengah Aja, 20 Persen

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:56 | 52.32k
Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin di Balikpapan. (FOTO: Monang Sinaga for TIMES Indonesia).
Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin di Balikpapan. (FOTO: Monang Sinaga for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BALIKPAPAN – Cawapres KH Ma'ruf Amin menanggapi hasil Survei Litbang Kompas yang menyatakan elektabilitas duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan selisih hanya 11,8 persen.

"Survei kan banyak kalau SMRC itu bedanya 26 (persen), itu kan 58 (persen) sana (Prabowo-Sandiaga) cuma 31 (persen) dan Kompas ya 11 (persen)," ujar Kiai Ma'ruf saat ditanya wartawan di sela-sela sarafi politiknya ke Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (20/3/2019). 

Karena adanya perbedaan tersebut, lanjut Abah, sapaan akrab Kiai Ma'ruf Amin, selelisih survei itu diambil jalan tengahnya saja, yaitu sekitar 20 persen. 

"Sekarang kita ambil tengah aja, sekitar 20 (persen) kan. Jadi ada 26, 20, ada 11. Sementara ini kita ambil yang tengah aja," ucap Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif ini. 

Seperti diketahui, Litbang Kompas merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres yang berlaga di Pilpres 2019. Hasilnya, elektabilitas duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin 49,2 persen dan duet Prabowo-Sandi 37,4 persen. Selisihnya hanya 11,8 persen. 

Survei tersebut dilakukan sejak 22 Februari hingga 5 Maret 2019 dengan melibatkan 2.000 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia. 

Kiai Ma'ruf pun mendorong TKN dan relawan sayap pendukung pasangan nomor urut 01 untuk digerakkan lebih efektif lagi sehingga bisa mendongkrak elektabilitasnya. 

"TKN dan TKD tentu kita dorong, tapi sayap-sayap itu juga, di bawah banyak sayap. Ini relawan sayap ini juga diefektifkan," tandas KH Ma'ruf Amin saat menyikapi Survei Litbang Kompas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES