Pendidikan

Julia Putri Noor: Peran Ibu Penting untuk Membentuk Karakter Anak

Rabu, 20 Maret 2019 - 13:28 | 189.31k
Ketua Jendela Pendidikan Nusantara, Julia Putri Noor. (FOTO: Dwijo Suyono/TIMES Indonesia)
Ketua Jendela Pendidikan Nusantara, Julia Putri Noor. (FOTO: Dwijo Suyono/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAJulia Putri Noor, ketua Jendela Pendidikan Nusantara, mengatakan, peran perempuan atau ibu dalam mendidik anak sangat penting. 

Sebab, ibu memunyai segudang ilmu pengetahuan yang dapat ditularkan kepada putra-putrinya untuk membentuk karakter pribadi yang bermartabat dna berbudi luhur.

“Berikan wawasan kepada anak-anak agar mereka kelak dapat meraih cita-cita yang diinginkan,” kata Julia kepada TIMES Indonesia, Rabu (20/3/2019).

Julia adalah pemilik Sanggar Pemberdayaan Pendidikan bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang beralamat di Desa Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Lembaganya yaitu Jendela Pendidikan Nusantara sering mengadakan kegiatan di Jawa, Sulawesi, Sumatera, Kalimantan, dan lain sebagainya.

Menurutnya, berbagai masalah yang muncul di tengah masyarakat terutama yang melibatkan anak muda tak lepas dari sistem pendidikan yang tak ada integrasi antara pendidikan formal dengan non-formal.

Ia mengusulkan, pemerintah perlu segera menerapkan gagasan Bapak Pendidikan Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara mengusung konsep tiga pilar pendidikan. Yakni, sekolah, masyarakat, dan keluarga.

Konsep ini sebenarnya sudah kuat hanya saja implementasinya memerlukan kerja keras.

“Seorang ibu memiliki peran sentral dalam konsep tersebut. Sebab, setiap hari ibu ibu lah yang selalu berhadapan dengan anak anaknya serta keluarga dan masyarakat,” tandas Julia.

Julia menambahkan, saat ini diperlukan model pendidikan yang tepat dan pas bagi bangsa ini. Sebab, generasi bangsa ini sedang mengalami krisis moral.

“Generasi mudah harus dipupuk dengan karakter yang otentik milik Indonesia. Generasi yang peduli sesama, bergotong royong, berpendidikan, berakhlak, berbudaya nusantara dan lain sebagainya. Sehingga, Indonesia akan menjadi negara yang benar-benar bermartabat dan berdaulat di mata dunia,” papar Julia.

Disinggung mengenai sistem pendidikan? Julia menerangkan, pemerintah perlu segera mengevaluasi sistem pendidikan. Hal ini mengingat perkembangan teknologi yang sangat pesat. Namun, yang lebih penting adalah sistim pendidikan bangsa ini harus berdasarkan nilai-nilai budaya Nusantara yang menjadi dasar peradaban berbagai suku bangsa yang ada di Nusantara.

“Maraknya sekolah sekolah asing yang ada di berbagai kota besar di Indonesia hendaknya menjadi perhatian pemerintah. Pemerintah perlu memasukan program pertahanan budaya agar identitas budaya bangsa ini tidak hilang,” jelas Julia Putri Noor. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES