Peristiwa Daerah

Sambut MotoGP 2021, Pemprov NTB Siapkan Rumah Sakit Khusus di KEK Mandalika

Rabu, 20 Maret 2019 - 00:02 | 47.75k
Suasana Rapat Pimpinan yang dihadiri oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah, di Ruang Rapat Utama, Komplek Kantor Gubernur, Selasa (19/03/2019). (FOTO: Humas Pemprov NTB)
Suasana Rapat Pimpinan yang dihadiri oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah, di Ruang Rapat Utama, Komplek Kantor Gubernur, Selasa (19/03/2019). (FOTO: Humas Pemprov NTB)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Selain telah membentuk Tim Khusus MotoGP 2019, yang diketuai oleh Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, Pemprov NTB juga akan membangun rumah sakit khusus di Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Mandalika. Kawasan ini yang menjadi Venue balap motor tersebut, sebagai pusat penanganan trauma atau trauma center. 

"Kita akan bangun rumah sakit tipe B, khusus untuk trauma center. Segala sesuatunya menyangkut trauma," kata  Nurhandini Eka Dewi, Kepala Dinas Kesehatan,  di hadapan Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah, saat Rapat Pimpinan di Ruang Rapat Utama,  Selasa (19/03/2019).

Nurhandini menyampaikan bahwa seluruh biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah sakit itu dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan RI tahun 2020.

"Karenanya sebelum tanggal 16 April 2019 mendatang, seluruh kajian,  visibility study sudah harus masuk di Kememkes," ucapnya. 

Ia menjelaskan, untuk perencanaan DED diserahkan ke Pemerintah Provinsi NTB. Sehingga tahun 2020 bangunan rumah sakit itu sudah jadi. Kemudian tahun 2021, seluruh fasilitas kkesehatnya sudah tersedia dan langsung beroperasi. 

"Kalau dana, kita tidak dibatasi berapa yang kita butuhkan. Namun kita saat sedang menghitung, termasuk untuk pembebasan lahan, " ujarnya. 

Nurhandini menambahkan, rumah sakit yang akan di bangun Pemprov NTB  ini tidak hanya untuk perhelatan MotoGP 2021. Namun akan dimanfaatkan oleh masyarakat sesuai dengan perkembangan KEK Mandalika. "Kalau kawasannya sudah jalan dan berkembang, rumah sakit jenis apa,  tinggal kita kembangkan," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES