Peristiwa Nasional

Gunung Bromo Semburkan Abu Vulkanik, Ini Wilayah Potensial Diguyur Hujan Abu Vulkanik

Selasa, 19 Maret 2019 - 18:18 | 47.34k
Visual Gunung Bromo, Selasa (19/3/2019). (FOTO: Istimewa)
Visual Gunung Bromo, Selasa (19/3/2019). (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOGunung Bromo menyemburkan abu vulkanik dengan ketinggian antara 900-1200 meter dari puncak kawah. Dampaknya, sejumlah desa diguyur hujan abu vulanik.

Kebid Mitigasi Gunung Api pada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan mengatakan, abu vulkanik yang disemburkan Gunung Bromo terbawa angin.

Wilayah dan desa yang kena hujan abu, tergantung pada arah dan kecepatan angin. Kadang ke barat, kadang ke timur, selatan, atau ke Utara.

"Kemarin abunya terbawa sampai jarak 8 km dari kawah ke arah barat laut (desa Wonokriti)," katanya kepada TIMES Indonesia, Selasa (19/2019) petang.

Kasi Data dan Informasi pada Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, Surabaya, Teguh Tri Susanto mengatakan, dalam sepekan ke depan, kecenderungan angin mengarah ke timur. 

Pada lapisan permukaan (5 ribu kaki), mengarah ke timur laut dengan kecepatan antara 5-10 KM/jam. 

Pada lapisan 10 ribu kaki, mengarah ke timur laut dengan kecepatan antara 5-10 KM/jam.

Pada lapisan 14 ribu kaki, mengarah ke timur dan tenggara dengan kecepatan antara 5-10 KM/jam.

Pada lapisan 18 ribu kaki, mengarah ke tenggara dan selatan dengan kecepatan antara 10-20 KM/jam. 

Berapa lama kecenderungan arah angin itu bertahan? "Dalam 1 Minggu ini masih (bertahan, Red)," katanya saat dikonfirmasi terpisah. 

Berdasarkan pengamatan PVMBG hingga pukul 12.00 WIB, asap kawah bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna kelabu dan hitam dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 900-1500 meter di atas puncak kawah. 

Teramati 5 kali letusan dengan tinggi 900-1500 meter. Warna asap kelabu dan hitam. Pos pengamatan Gunung Bromo di Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Probolinggo, diguyur hujan abu vulanik. Terdengar suara gemuruh dan dentuman dari kawah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES