Ekonomi

JNE Ngajak Online 2019: UKM Jember Kemas Produk Agar Jadi Andalan Daerah

Senin, 18 Maret 2019 - 20:35 | 127.29k
Para peserta Workshop JNE Ngajak Online 2019 di Jember. (FOTO: Istimewa)
Para peserta Workshop JNE Ngajak Online 2019 di Jember. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Jember sebuah kabupaten di Jawa Timur yang dikenal dengan Jember Fashion Carnaval (JFC) memiliki nilai kearifan lokal yang begitu kuat. Selain dikenal dengan gelaran karnaval kelas dunia para pelaku UKM Jember juga terlihat sangat kompetitif. Hal ini terlihat dalam kegiatan JNE Ngajak Online 2019 yang digelar pada Sabtu (16/3/2019) di Upnormal Cafe, Jember. 

Sebanyak 105 peserta UKM baik dari Jember, Banyuwangi dan Bondowoso mengikuti workshop gratis yang diselenggarakan JNE ini. Hampir seluruh UKM yang hadir membawa produk unggulannya yang sangat bervariasi.

TIMES-Indonesia-JNE-Ngajak-Online-2.jpg

Uniknya produk UKM Jember ini seperti layaknya produk-produk yang berada dipasaran namun dikemas dan dimodifikasi sesuai dengan selera pasar. Salah satunya adalah cokelat edamame karena Jember dikenal sebagi penghasil edamame untuk kebutuhan ekspor ke Jepang dan beberapa negara lain.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata JNE ingin turut serta  memajukan  UKM di Indonesia yang sebagian besar juga pelanggan JNE. Perlu diketahui bahwa sejak 2010 berkembangnya JNE memberikan kontribusi besar bagi kemajuan bisnis JNE. Maka dari itu Sebagai perusahaan logistik yang telah dipercaya menjadi mitra distribusi para UKM diseluruh penjuru negri JNE merasa perlu ambil bagian dalam era industri 4.0.

Selain terus melakukan digitalisasi pada proses bisnisnya, JNE juga ikut berperan serta dalam memberikan edukasi pada masyarakat umum maupun UKM mengenai  strategi penjualan di era digital.

TIMES-Indonesia-JNE-Ngajak-Online-3.jpg

Tahun ini, JNE kembali menggelar program untuk meningkatkan potensi UKM, yaitu workshop “JNE Ngajak Online 2019” bertema “Mengemas Produk & Strategi Digital’.

Workshop 16 kota ini digelar bagi pengusaha dan UKM di daerah secara gratis. Tujuannya adalah produk berkualitas yang dihasilkan UKM dapat dipasarkan secara luas melalui langkah – langkah strategis, salah satunya dengan memperhatikan packaging produk dan tampilan produk sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Di depan 105 entrepreneur, Natalie memaparkan berbagai hal mengenai pentingnya packaging serta pengambilan foto produk dalam menunjang promosi penjualan. Natalie mengungkapkan bahwa di berbagai daerah di Indonesia, seperti halnya Jember, telah memiliki produk yang kompetitif dan berkualitas, namun masih banyak produsen atau pebisnis yang belum dapat memanfaatkan strategi berjualan online secara maksimal.  

Agung Deri, Branch Manager JNE Jember, dalam sambutannya menyampaikan bahwa  Ia juga mengatakan bahwa kecintaan terhadap produk dalam negeri harus dimulai dari diri kita sendiri. Jika itu sudah dilakukan maka produk buatan Indonesia tak hanya menguasai pasar lokal tetapi juga internasional. 

Ia menambahkan bahwa JNE concern pada pengembangan UKM karena perkembangan bisnis JNE tak lepas dari peran dan dukungan UKM sejak maraknya online shop 2010 silam. 

Hal yang tidak kalah pentingnya, adalah pemahaman tentang cara-cara mau pun strategi distribusi dari produk-produk yang dihasilkan, baik di dalam kota mau pun ke seluruh Indonesia, bahkan pengiriman paket keluar negeri.

TIMES-Indonesia-JNE-Ngajak-Online-4.jpg

Untuk memberikan pandangan bagi para peserta terkait dengan strategi pengiriman paket, hadir sebagai narasumber yaitu Agung Fathurahman. Head Of Sales Marketing JNE Jember ini menyampaikan bahwa UKM di Jember memiliki potensi besar karena begitu banyak produk-produk yang kompetitif untuk dipasarkan ke seluruh nusantara, bahkan luar negeri. 

Karena itulah JNE hadir dan menyelenggarakan program “JNE Ngajak Online 2019” untuk memberikan inspirasi mau pun pengetahuan lebih kepada para pengusaha di Jember dan sekitarnya, agar bisnis yang dijalankan dapat terus berkembang dengan meningkatnya angka penjualan”. Hal ini menurutnya dapat dimulai dari mempelajari strategi pemasaran produk agar produk daerah menjadi unggulan dan berjaya di negeri sendiri.

Dalam sharing session hadir Helmi Zam Rudiansyah, pelaku UKM yang bergerak di industri makanan ringan dengan merek dagang Macarina. Sejak mendirikan Macarina pada tahun 2017 Helmi juga bergabung dengan PESONA (Pesanan Oleh-Oleh Nusantara) marketplace oleh-oleh yang merupakan unit usaha JNE sebagai wujud dukungan tehadap UKM daerah.

Selain penjelasan mendalam tentang strategi distribusi paket serta pemasaran pada e-commerce, JNE juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendaftar langsung menjadi member JNE Loyality Card (JNE) di tempat acara dan langsung mendapatkan 10 bonus poin. JNE Ngajak Online 2019 pun semakin meriah dengan adanya games menarik dan doorprize yang dibagikan dalam kegitan ini.

Di samping menggelar pelatihan, JNE pun mengadakan “JNE Ngajak Ngirim” yaitu program gratis ongkos kirim yang berlaku sehari setelah acara “JNE Ngajak Online” digelar. “JNE Ngajak Ngirim” berlaku di service Reguler untuk pengiriman paket dengan tujuan di dalam kota yang sama, dan pengiriman antar kota atau kabupaten dalam 1 wilayah.  Khusus di Jember, JNE Ngajak Ngirim digelar pada Minggu, 17 Maret 2019 untuk pengiriman tujuan Jember, Banyuwangi dan Bondowoso.

Program gratis ongkir ini digelar di 16 kota tempat digelarnya “JNE Ngajak Online”, yaitu Lampung, Karawang, Cirebon, Sukabum, Tasikmalaya, Cilacap, Magelang, Madiun, Kediri, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Jember, Kendari, Ternate, dan Timika. 

Bukan hanya itu, untuk memaksimalkan dukungan terhadap UKM lokal menuju pasar global, JNE pun telah mempersiapkan layanan JNE Internasional Shipment yang dapat mendistribusikan paket pelanggan ke lebih dari 250 negara utama di semua benua.

Workshop JNE Ngajak Online 2019 ini diikuti UKM Jember dari berbagai jenis produk. Ini sebagai komitmen JNE untuk membantu UKM di Indonesia. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES