Politik

Usai Debat Pilpres Jilid 3, Begini yang Dirasakan KH Ma'ruf Amin

Senin, 18 Maret 2019 - 20:19 | 38.42k
Cawapres KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Koordinator Media TKN for TIMES Indonesia)
Cawapres KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Koordinator Media TKN for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Calon Wakil Presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin merasa plong setelah melewati debat Pilpres Jilid 3, melawan Sandiaga Uno, Minggu 17 Maret kemarin malam. Ia mengatakan, dirinya sudah menyampaikan semua gagasannya secara terbuka tentang isu ketenagakerjaan, kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya kepada masyarakat.

"Ya, lega lah. Kan sebelumnya debat kayaknya punya beban. Bagaimana kalau debat itu, saya bisa sampaikan visi misi dengan baik. Saya merasa habis debat, saya plong. Artinya merasa telah sampaikan semua hal yang saya ketahui untuk Undonesia maju," kata Kiai Ma'ruf di sela-sela kunjungannya ke Jawa Timur, Senin (18/3/2019). 

Sejumlah pihak banyak yang terkejut atas penampilan KH Ma'ruf yang di luar eksperasi. Abah -sapaan Kiai Ma'ruf- mengaku bersyukur apabila respons masyarakat positif. Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul ini menganggap hasil debat itu adalah hasil dari membaca, mendengar dan berdiskusi dengan masyarakat. 

"Ternyata mempunyai efek bagus ketika saya bisa menguasai, menyampaikan berbagai persoalan bangsa terutama menyangkut pendidikan, sosbud, tenaga kerja. Kalau itu diapresiasi masyarakat, saya merasa bersyukur dan senang," katanya.

KH Ma'ruf juga menggunakan istilah menarik seperti ten years challenge dan infrastruktur langit. Menurutnya, istilah itu muncul tanpa sadar. "Mungkin itu jiwa saya memberikan penguatan pematangan terhadap masalah yang dihadapi bangsa. Kemudian muncul dari istilah-istilah saat berkomunikasi dengan masyarakat banyak dan menarik sehingga bisa dicerna," kata KH Ma'ruf.

Dia juga menyelipkan ayat Alquran untuk memperkuat pandangannya, kemarin. Ketua umum Majelis Ulama Indonesia ini menyebut, ayat-ayat itu keluar secara spontan tanpa direncanakan sebelumnya. "Ketika itu ada korelasinya, itu munculnya saja," jelasnya.

Saat disinggung apakah tidak lelah menjalani debat selama dua jam, Abah mengaku tidak capai. Baginya, menyampaikan ilmu dan pandangannya kepada masyarakat adalah untuk Indonesia yang lebih baik lagi. 

Usai mengikuti debat kemarin malam, pagi ini KH Ma'ruf dijadwalkan menghadiri acara silaturahmi di beberapa kota di Jawa Timur. Kendati demikian ia merasa tidak lelah dengan kegiatan yang harus dilaluinya. "Saya tidak merasa cape karena saya ingin sampaikan sesuatu kepada rakyat, umat dan bangsa," tandas KH Ma'ruf Amin merasa plong usai Debat Pilpres Jilid 3. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES