Peristiwa Daerah

Banjir Bantul, MAPALA UPN Veteran Yogyakarta Bantu Evakuasi Korban

Senin, 18 Maret 2019 - 20:14 | 80.83k
Tim MAPALA UPN Veteran Yogyakarta ketika memberikan bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Bantul. (FOTO: Mapala UPN/TIMES Indonesia)
Tim MAPALA UPN Veteran Yogyakarta ketika memberikan bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Bantul. (FOTO: Mapala UPN/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Banjir dan longsor melanda di hampir semua daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Minggu (17/3/2019). Sebagai bentuk kepedulian, Mapala UPN Veteran Yogyakarta ikut memberikan bantuan kepada para korban.

Anggota tim Mapala UPN Veteran Yogyakarta, Zaeni Mansyur mengatakan, timnya terjun ke lokasi bencana banjir paling parah di wilayah Kecamatan Imogiri Timur. Di sana, ketinggian air mencapai 1,5 meter. Sedangkan di wilayah lain ketinggian air mencapai 30 cm hingga 50 cm.

“Kami tiba di Desa Broncok, Bantul Minggu malam jam 22.00 WIB bergabung bersama tim lainnya untuk mengevakuasi warga,” kata Zaeni, Senin (18/3/2019).

Hingga saat ini, 7 anggota MAPALA UPN Veteran Yogyakarta bersama relawan lainnya dari berbagai kelompok telah melakukan evakuasi warga dengan perahu karet ke tempat pengungsian.

“Senin dini hari tadi kami mulai menuju lokasi banjir kedua di daerah Pasar Imogiri lama. Sementara kami fokus untuk kegiatan evakuasi warga.” terang Zaini.

Di lokasi ini, kata Zaeni, ada beberapa rumah yang roboh baik dinding maupun pagar. Ada pula rumah ibadah yang ambruk terkena dampak banjir.

Dari data BPPD DIY, hingga saat ini bencana longsor terpetakan di Kabupetan Gunung Kidul wilayah terdampak genangan di 6 kecamatan. Yaitu, Purwosari, Semanu, Panggang, Tepus, Playen, Tanjungsari. Longsor di Kecamatan Patuk dan terdampak angin kencang di Playen yang mengakibatkan pohon tumbang.

Di Kulon Progo terpetakan tujuh titik, yang tersebar di daerah Kokap, Samigaluh, dan Girimulyo. Dari Sleman dilaporkan terdapat pohon tumbang di Kecamatan Sayegan dan Minggir. Di Kota Yogyakarta terdapat pohon tumbang di kecamatan Kotagede dan terdapat genangan di Kecamatan Umbulharjo.

Wilayah terdampak paling banyak terdapat di Kabupaten Bantul meliputi 9 Kecamatan (Imogiri, Piyungan, Pleret, Pundong, Kretek, Jetis, Bantul, Kasihan dan Pandak) Konsentrasi Banjir berada di DAS Celeng. Terdampak longsor di 2 Kecamatan yaitu Pleret dan Pundong.

“Kami telah bekerja maksimal untuk membantu korban banjir di Kabupaten Bantul,” jelas Zaini, Mapala UPN Veteran Yogyakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES