Peristiwa Internasional

Pesan Ardern Pada Trump: Beri Simpati dan Cinta untuk Muslim

Senin, 18 Maret 2019 - 18:13 | 71.50k
Presiden AS Donad Trump (FOTO: Politico)
Presiden AS Donad Trump (FOTO: Politico)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beberapa jam pasca serangan “teroris” yang menewaskan 50 orang, di Masjid Christchurch, Selandia Baru. Presiden AS Donald Trump mengirimkan ucapan belasungkawa dan menawarkan bantuan pada PM Selandia Baru Jacinda Ardern, melalui sambungan telepon pada Sabtu pagi (17/3/2019).

Saat berkomunikasi dengan Trump, Sang Perdana Mentri sedang bersiap terbang ke kota Christchurch untuk mendatangi lokasi kejadian .Pada Trump, Ardern menjawab diplomatis soal bantuan terbaik yang bisa diberikan Amerika Serikat terkait kejadian tersebut.

"Dia (Donald Trump) bertanya apa tawaran dukungan yang bisa diberikan Amerika Serikat. Pesan saya (Jacinda Ardern) adalah: Simpati dan cinta untuk semua komunitas Muslim,” kata Ardern dilansir dari Reuters.

Dalam pidato resmi beberapa saat setelah kejadian, Ardern tegas menyampaikan bahwa negara yang ia pimpin mencintai keragaman dan kasih sayang.

Menurutnya, aksi serangan teror yang dilakukan Brenton Tarrant (28) pada komunitas Muslim yang sedang melakukan ibadah Jumat tidak akan mengguncang komitmen Selandia Baru untuk terus hidup bedampingan antar pemeluk agama.

“Kami (Selandia Baru) mewakili keragaman, kebaikan, kasih sayang. Rumah bagi mereka yang berbagi nilai-nilai kita. Perlindungan bagi mereka yang membutuhkannya. Dan nilai-nilai itu tidak akan dan tidak bisa diguncang oleh serangan ini, ”Ucap Ardern.

Ardern tegas terhadap sikapnya untuk menerima keragaman antar pemeluk agama. Perdana Menteri Selandia Baru ini bahkan menjadi orang pertama dalam acara penandatangan buku belasungkawa nasional yang dibuka di Wellington, Senin (18/3/2019).

"Atas nama seluruh warga Selandia Baru, kita berduka bersama. Kita satu. Mereka adalah kita," tulis Ardern. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES