Peristiwa

BLK Lamongan Juga Sediakan Akses Kerja bagi Alumninya

BLK Lamongan Juga Sediakan Akses Kerja bagi Alumninya Peserta pelatihan menjahit di BLK Lamongan. (FOTO: Istimewa)
Senin, 18 Maret 2019 - 15:12

TIMESINDONESIA, LAMONGANBLK Lamongan (Balai Latihan Kerja Lamongan) yang dikelola Dinas Tenaga Kerja setempat rupanya selama ini tidak lepas tangan dengan lulusannya.

Seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja Hamdani Azahari, melalui Kabag Humas dan Protokol Agus Hendrawan, Dinas Tenaga Kerja Lamongan juga memberikan informasi pasar kerja di berbagai perusahaan kepada lulusan pelatihan.

PElatihan-Menjahit-2.jpg

“Kami tidak lepas tangan dengan alumni dari BLK. Kami memiliki Bidang Informasi Pasar Kerja yang secara rutin memberikan informasi kepada  lulusan pelatihan terkait pasar kerja dari perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan,” ujarnya, Senin (18/3/2019).

Dia juga terus memantau kelanjutan dari setiap lulusan BLK, sehingga bisa diketahui siapa yang sudah bekerja atau siapa saja yang sudah berwiraswasta.

Agus menjelaskan, pada tahun 2018, BLK telah meluluskan sebanyak 278 orang. Dengan rincian 128 orang pada pelatihan berbasis kompetensi dan 150 orang pada pelatihan berbasis masyarakat.

Sedangkan di tahun 2019 ini, rencananya akan dibuka pelatihan bagi 603 orang, dengan rincian 8 paket pelatihan berbasis kompetensi yang masing-masing paket akan diikuti oleh 16 orang atau total 128 orang.

Kemudian 19 paket sisanya adalah pelatihan berbasis masyarakat yang tiap paketnya diikuti oleh 25 orang atau total sebanyak 475 orang.

Dikatakan Agus, pelatihan berbasis kompetensi meliputi beberapa bidang yakni menjahit, tata rias, memasak atau tata boga, servis roda dua, servis roda empat, servis AC dan las listrik.Sedangkan pelatihan berbasis masyarakat yakni pengenalan terhadap bidang-bidang tersebut yang masa pelatihannya lebih pendek

"Bagi yang ingin mengikuti pelatihan di BLK bisa mendaftar melalui facebook atau website Dinas Tenaga Kerja," tuturnya.

Selain itu, masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan di BLK Lamongan juga bisa dikoordinir melalui kecamatan. "Karena selain diinfokan melalui media sosial, juga diinfokan melalui selebaran dan radiogram di tiap kecamatan," ucap Agus. (*)

Jurnalis : MFA Rohmatillah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Lamongan

Komentar

Loading...
Registration