Selasa, 12 November 2019
Wisata

Wisata Pemandian Wendit Segera Dikelola oleh Investor

Wisata Pemandian Wendit Segera Dikelola oleh Investor Plt Bupati Malang Drs HM Sanusi MM. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Senin, 18 Maret 2019 - 13:48

TIMESINDONESIA, MALANG – Pemkab Malang berencana mengalihkan pengelolaan wisata Pemandian Wendit kepada investor. Ada satu investor yang siap mengelola obyek wisata milik Pemkab Malang ini.

Untuk mematangkan rencana itu, Senin (18/3/2019) Pemkab Malang mengadakan rakor dengan investor, yakni PT Inti Composite Figlasindo Utama. Rakor itu dipimpin Plt Bupati Malang Drs HM Sanusi MM.

"Rencana jangka waktu kontrak kepengelolaan dengan investor selama 20 tahun. Tentunya nanti ada beberapa klausul dalam kontrak yang harus dipenuhi investor," ujar Drs HM Sanusi kepada TIMES Indonesia.

Sanusi menjelaskan, salah satu klausul dalam kontrak tersebut, investor harus memberikan kontribusi kepada Pemkab Malang melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD) atas pengelolaan dari obyek wisata Wendit.

"Kontribusi PAD yang diberikan melalui sektor pajak. Tiket masih wisata tersebut kemudian diporporasi yang pajaknya masuk ke Pemkab Malang," urainya.

Dia menyebutkan, bahwa tahun pertama obyek wisata terletak di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang dikelola investor, maka mentargetkan pendapatan sebesar Rp 6 M.

"Apabila pendapatan Rp 6 M berhasil terealisasi maka pajak yang diberikan sebesar Rp 600 juta. Diharapkan setiap tahun, PADnya terus bertambah," tuturnya.

Sanusi menambahkan, pihak investor juga berjanji akan melakukan penambahan wahana dan meningkatkan fasilitas obyek wisata tersebut.

"Tentunya pengembangan maupun penambahan wahana wisata yang dilakukan, tidak boleh merubah bentuk asli dari obyek wisata tersebut. Selain itu tidak boleh merusak lingkungan dan ekosistem yang ada," paparnya gamblang.

Sanusi mengatakan, rencana pengelolaan wendit oleh investor ini terus dimatangkan. "Kalau semua tahapan terpenuhi, maka akan dilanjutkan penandatangan kontrak kerjasama antara Pemkab dengan investor," tuturnya.

Sanusi berharap setelah obyek wisata Pemandian Wendit dikelola oleh investor, kedepannya dapat meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Malang dan kontribusi PAD di wisata Wendit semakin meningkat. (*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration