Glutera News

6 Gerakan Paling Efektif untuk Membuat Body Goal

6 Gerakan Paling Efektif untuk Membuat Body Goal Image: Glutera
Senin, 18 Maret 2019 - 10:27

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memiliki tubuh atletis merupakan cita-cita banyak orang. Untuk membentuk tubuh atletis tidak hanya dibutuhkan olahraga secara rutin, namun juga nutrisi penunjang yang baik. Pola makan yang membentuk body goal tidak sekadar makanan dan minuman sebelum atau sesudah berolahraga, melainkan pola makan secara keseluruhan.

Olahraga yang dilakukan juga bukan asal-asalan. Inilah beberapa gerakan yang direkomendasikan untuk membangun otot dan memangkas lemak paling efektif.

1. Squat

Latihan compound yang selanjutnya yaitu squat. Gerakan fitnes dan fungsinya ini merupakan latihan compound terbaik karena squat dapat melatih beberapa otot dalam waktu yang bersamaan. Otot-otot yang bergerak dan terlatih ketika melakukan gerakan squat antara lain otot paha, pantat dan betis. Selain itu, squat juga dapat memperkuat otot perut serta otot punggung yang berguna untuk meningkatkan keseimbangan tubuh.

2. Bench press

Latihan yang satu ini merupakan latihan untuk membentuk otot yang paling populer. Ketika melakukan latihan di gym, anda akan banyak menjumpai latihan bench press. Latihan gerakan fitnes dan fungsinya ini berguna untuk melatih tubuh untuk bagian atas terutama otot dada, lengan dan bahu.

3. Barbells rows

Gerakan yang satu ini sanggup melatih otot-otot di punggung. Kuncinya, pastikan anda menarik tulang belikat secara bersamaan pada puncak gerakan agar punggung anda dapat terbentuk dengan optimal.

4. Overhead press

Gerakan overhead press merupakan salah satu gerakan terbaik untuk membentuk dan memperbesar otot deltoid anda. Sebagai tambahan, gerakan ini juga melatih triseps anda. Ketika melakukan gerakan ini, pastikan anda tidak melakukan push press. Jangan membengkokkan lutut anda dan mengangkat beban dengan eksplosif. Jika anda melakukan ini, kaki anda justru lebih berperan dalam gerakan dibandingkan deltoid anda.

5. Deadlift

Tak diragukan lagi, inilah gerakan nomor wahid untuk membentuk punggung anda. Deadlift merupakan gerakan paling baik untuk melatih dan memperbesar otot punggung. Tak cuma punggung, deadlift juga mengaktifkan otot-otot posterior, bahkan hampir setiap otot di tubuh Anda. Apalagi, respon hormonal dari deadlift sangat berperan untuk membangun otot tanpa lemak. Tapi, pastikan anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan umum saat deadlift, ya.

6. Pull-Up

Satu lagi gerakan yang esensial untuk mendapatkan punggung yang tampak lebar adalah wide-grip pull-up. Dibanding grip normal, grip yang lebar mampu melatih otot lat secara intensif. Posisikan tangan anda pada bar agak lebih lebar dari bahu, dan pastikan tubuh anda turun sampai tangan terentang penuh pada setiap rep. Rasakan otot lat anda bekerja saat menarik tubuh ke atas sampai bar berada di dekat dada.

Dalam melakukan latihan membentuk tubuh atletis ini sebenarnya Anda bisa melakukannya sendiri, akan tetapi dianjurkan agar melakukannya dengan instruktur atau pelatih di tempat fitness. Hal ini dapat mengurangi risiko cedera serta membentuk otot dada dengan latihan yang tepat. Selain itu, terapkan gaya hidup sehat untuk memperoleh hasil body goal secara optimal. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Loading...
Registration