Gaya Hidup

Tips Mudah Membersihkan Karang Gigi dengan Piliha Bahan Alami

Senin, 18 Maret 2019 - 04:22 | 248.65k
Ilustrasi - Tips membersihkan karang gigi (FOTO: shutterstock)
Ilustrasi - Tips membersihkan karang gigi (FOTO: shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masalah pada gigi bukan hanya gusi berdarah ataupun gigi berlubang. Karang gigi dan plak pada gigi juga menjadi masalah kesehatan gigi yang harus diperhatikan. Seiring waktu, plak dan kotoran akan bercampur dan menetap menjadi karang gigi yang tidak hanya membuat enamel tampak kuning, tetapi juga menyebabkan bau mulut.

Jangan menganggap remeh karang gigi, karena risiko kerusakan gigi dan sakit gusi dapat meningkat drastis. Dilansir dari cosmopolitan.co.id, berikut ini cara alami untuk membersihkan karang gigi dan plak yang bisa Anda lakukan.

1. Buah jambu

Sudah sejak lama jambu dipercaya untuk meredakan masalah gigi dan gusi. Bahkan, daunnya dikunyah untuk melegakan sakit gigi, menyembuhkan gusi berdarah dan menghilangkan bau mulut. Berkat kandungan flavonoid dalam daun jambu, cairan daun tersebut dapat dikumur untuk melegakan sakit mulut dan gusi berdarah.

2. Cuka putih

Cuka putih memiliki properti anti-bakteri yang bisa menghentikan akumulasi plak dan membantu menyingkirkan karang gigi. Selain itu, kandungan acetic acid dalam cuka putih dapat melancarkan proses demineralisasi pada permukaan gigi, maka dengan takaran kecil, bahan ini bisa digunakan sebagai mouthwash.

3. Biji wijen

Biji wijen dapat berfungsi sebagai scrub gigi yang efektif. Biji yang dikenal sebagai sesame seed ini dapat menyingkirkan plak dan karang gigi tanpa merusak enamel gigi. Kunyahlah segenggam biji wijen, kemudian sikatlah gigi (tanpa pasta gigi) dengan biji-biji yang masih tersimpan dalam mulut kamu.

4. Kulit jeruk

Kamu bisa menggosok kulit jeruk pada permukaan gigi selama 2 menit untuk menyingkirkan karang gigi. Jeruk memiliki citric acid yang seringkali dipakai sebagai zat pemutih dalam pasta gigi, maka inilah salah satu cara mudah dan efektif untuk memutihkan gigi di rumah.

5. Lidah buaya

Meskipun rasanya pahit, lidah buaya dapat memutihkan gigi secara alami dan menghilangkan karang gigi dengan efektif. Campurkan satu sendok teh aloe vera gel, 4 sendok teh gliserin, 5 sendok makan soda kue, dan satu gelas air putih, kemudian sikatlah gigi dengan campuran tersebut. Lakukan selama beberapa hari hingga gigi terasa lebih putih dan bersi.

6. Baking soda

Baking soda alias soda kue dapat membantu menghilangkan plak pada gigi. Siapkan satu sendok teh soda kue, sedikit garam, pasta gigi, dan sikat gigi. Campurkan soda kue dengan garam, taburkan di atas sikat gigi, kemudian sikatlah gigi kamu seperti biasa. Setelah itu, kumur dengan air hangat!

Itulah enam bahan alami yang bisa mengatasi karang gigi dan plak pada gigi. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan gigi agar Anda tidak mengalami masalah pada gigi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES