Gaya Hidup

Anak Mabuk Perjalanan? Atasi dengan Langkah Ini

Senin, 18 Maret 2019 - 03:29 | 85.18k
Ilustrasi - Tips mengatasi anak mabuk dalam perjalanan (Foto: Romrodphoto/Shutterstock)
Ilustrasi - Tips mengatasi anak mabuk dalam perjalanan (Foto: Romrodphoto/Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMabuk perjalanan pasti membuat anak jadi rewel dan Anda jadi cemas. Jika hal ini terjadi, perjalanan Anda dan keluarga juga pasti akan menjadi tidak nyaman. Jangan khawatir, Anda bisa mengatasi mabuk perjalanan si kecil tanpa ribet. Apa saja?

Berikut ini langkah mudah untuk mengatasi anak yang mabuk perjalanan.

1. Pastikan sirkulasi udara cukup baik

Perut mual dan muntah akibat mabuk perjalanan akan membaik jika Anda menjaga sirkulasi udara dalam kendaraan tetap baik. Anda bisa membiarkan kaca sedikit terbuka, angin sepoi-sepoi selama perjalanan dapat melegakan pernapasan dan perutnya.

2.  Siapkan tisu dan kantong plastik

Mengatasi mabuk perjalanan pada anak ini bukan dengan meminta anak menahan diri untuk tidak muntah. Sebaiknya, Anda siapkan kantung atau wadah muntahan. Minta anak untuk membuang muntahannya pada wadah tersebut. Setelah selesai, bersihkan mulut si kecil dengan tisu basah.

3. Pakai minyak angin

Supaya mual dan pusing hilang, Anda boleh mengusapkan minyak angin pada perut, leher, sisi kepala, dan sekitar dada anak. Bau khas dari minyak angin bisa melegakan pernapasan anak sehingga mencegah gejala mabuk perjalanan kembali kambuh.

4. Pastikan si kecil cukup makan dan minum

Mengurangi asupan makanan dan minuman bukan cara yang tepat untuk mengatasi mabuk perjalanan pada anak. Begitu juga dengan membiarkan anak makan camilan sepuasnya selama perjalanan. Jadi, jangan biarkan anak makan terlalu banyak atau membiarkan perutnya kosong. Dua kondisi ini bisa memicu gejala mabuk kendaraan kembali terjadi.

Selain melakukan berbagai hal di atas, cara terbaik untuk mengatasi mabuk perjalanan pada anak adalah menenangkannya. Misalnya, memberinya pelukan atau membaringkan tubuhnya ke pangkuan Anda dapat membuat dirinya tenang dan nyaman untuk tidur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES