Jum'at, 22 Maret 2019
Peristiwa - Nasional

Debat Cawapres 2019: Simak Hasil Cek Fakta di TIMES Indonesia

Debat Cawapres 2019: Simak Hasil Cek Fakta di TIMES Indonesia Tim Cek Fakta TIMES Indonesia. (FOTO: Rochmat/TIMES Indonesia)
Minggu, 17 Maret 2019 - 18:36

TIMESINDONESIA, JAKARTADebat Cawapres 2019 akan berlangsung secara live di beberapa televisi. TIMES Indonesia, sebagai media online yang mengusugn jurnalisme positif, memilih melakukan cek fakta pada materi yang akan disampaikan oleh para calon wakil Presiden RI, baik dari Cawapres pasangan nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin maupun Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno.

Kedua Cawapres tersebut akan beradu gagasan di bidang pendidikan, sosial budaya, kesehatan, dan ketenagakerjaan. Jangan keitnggalan, ikuti rangkaiannya hasil cek fakta yang dilakukan tim cek fakta dari TIMES Indonesia.

Cek Fakta dilakukan untuk mengantisipasi potensi kekeliruan dan kesalahan data yang dijabarkan oleh masing-masing Cawapres. Tim cek Fakta TIMES Indonesia, akan secara konsisten menelisik dan memverifikasi data yang dijabarkan kedua Cawapres.

Jurnalis TIMES Indonesia, Yayat R Cipasang, juga tergabung dalam tim cek fakta dalam kerja kolaborasi antarmedia bertajuk Presidential Debate Live Fact-Checking di kantor Google Indonesia, Jakarta pada 17 Maret 2019. 

Aktivitas dan hasil dari proyek kerjasama jaringan tersebut akan ditampilkan di TIMES Indonesia dan akun Medsos TIMES Indonesia.

Menurut Pemimpin Redaksi TIMES Indoensia, Yatimul Ainun, kerja tim cek fakta dan kerja kolaborasi antar media ini adalah salah satu bentuk untuk menekan penyebaran informasi yang keliru di tengah masyarakat. “Apalagi di era digital saat ini, yang rawan sekali menjadi informasi hoaks,” katanya.

Dari itu, puluhan media online yang tergabung dalam cek fakta itu sudah berkomitmen untuk Bersama-sama memberantas informasi hoaks. “Menjadi pelopor untuk menyajikan fakta yang edukatif untuk public,” kata Ainun.

Sementara itu, menurut Ketua Komite Fact Checker dari Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo), Aribowo Sasmito, persiapan cek fakta Debat Cawapres kali ini, disiapkan dengan lebih matang.

Misalnya, antisipasi terhadap peretasan situs Cekfakta.com yang sempat terjadi dalam perhelatan sebelumnya. “Tim sudah memperkuat kata kunci dan sistem keamanan web,” katanya, Minggu (17/3/2019) malam.

Diketahui, bahwa Presidential Debate Live Fact-Checking ini digelar atas inisiatif Mafindo, Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), dan bekerja sama dengan Google News Initiative Indonesia. 

Pada Debat Pilpres 2019 sebelumnya, melibatkan 24 media nasional dan daerah. Namun, dalam Debat Cawapres 2019 kali ini, kolaborasi cek fakta melibatkan puluhan jurnalis dari 15 media nasional, salah satunya adalah TIMES Indonesia.(*)

Jurnalis : Yayat R Cipasang
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration