Peristiwa - Daerah

Awali Rangkaian Harlah ke-96 NU, PCNU Kota Madiun Selamatan di Tanah Bersejarah 

Awali Rangkaian Harlah ke-96 NU, PCNU Kota Madiun Selamatan di Tanah Bersejarah  Ketua PCNU Kota Madiun KH Agus Mushoffa Izzuddin (dua dari kiri) saat ziarah di makam tokoh NU usai selamatan di tanah bersejarah. (FOTO: Istimewa for TMES Indonesia)
Minggu, 17 Maret 2019 - 16:10

TIMESINDONESIA, MADIUN – Mengawali rangkaian Harlah ke-96 NU, PCNU Kota Madiun menggelar selamatan dan tahlil di tanah bersejarah. Yakni, tanah wakaf yang dulunya berdiri Pondok Pesantren Tanjungsari, Manisrejo.

Pondok pesantren ini diyakini, dulu diawali dan didirikan oleh tokoh pengikut Pangeran Diponegoro. Ini ditandai dengan masih kokohnya pohon sawo tua di lahan tersebut. 

Ketua PCNU Kota Madiun, KH. Agus Mushoffa Izzuddin menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan mengetahui sejarah perjuangan tokoh-terdahulu.

"Tahu sejarah itu penting, agar kita tahu semangat perjuangannya. Setelah itu, kita harus termotivasi dengan perjuangan tokoh-tokoh dalam sejarah tersebut. Jika tidak tahu sejarah, generasi berikutnya berpotensi tidak dapat melanjutkan perjuangan dan ini bisa terpengaruh dengan gerakan lain. Kita semua tidak ingin seperti itu, bahwa perjuangan harus terus dilanjutkan," paparnya.

Selamatan ditandai dengan potong tumpeng dan nyekar ke makam tokoh-tokoh pejuang NU.

Rangkaian Harlah ke-96 NU di Kota Madiun dilanjutkan dengan istighotsah, pengajian umum dan tumpengan di Masjid Agung Baitul Hakim pada Sabtu, 23 Maret 2019. Dilanjutkan, jalan santai kuplukan pada hari Ahad, 24 Maret 2019 dengan start dan finish di Alun-Alun Kota Madiun. 

Gus Shofa, sapaan KH Agus Mushoffa Izzuddin menambahkan, rangkaian peringatan Harlah ke-96 NU menjadi salah satu ajang konsolidasi organisasi menjelang Satu Abad NU. "Juga menekankan kepada jamaah agar tetap bersatu dan selalu semangat menjaga NKRI," kata Ketua PCNU Kota Madiun ini. (*)

Jurnalis : Bambang H Irwanto
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Madiun

Komentar

Loading...
Registration