Senin, 16 September 2019
Wisata

Didampingi KKN Unej, Desa Sumber Gading Bondowoso Siapkan Lahan Buat Wisata

Didampingi KKN Unej, Desa Sumber Gading Bondowoso Siapkan Lahan Buat Wisata Penyerahan gambar site plan tiga dimensi wsiata di Desa Sumber Ganding Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Minggu, 17 Maret 2019 - 16:23

TIMESINDONESIA, BONDOWOSODesa Sumber Gading Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, menyipakan lahan seluas 3.900 m² untuk mengembangkan wisata. Pengembangan tersebut, didampingi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Jember (KKN Unej).

Lahan seluas ribuan meter, untuk wisata tersebut, merupakan tanah kas desa setempat. Hal itu, untuk terus menggali potensi wisata di wilayah timur Kabupaten Bondowoso.

Site-Plan-2.jpg

Amir Nur Mustofa, kordinator KKN Sumber Gading, mengatakan, bahwa pihaknya bersama pemerintahan desa telah melakukan survei dan pengukuran lahan.

“Kemudian, kami membuat gambar site plan tiga dimensi. Sementara untuk RAB pendamping desa yang susun,” katanya.

Ia menerangkan bahwa rencananya Pemdes Sumber Gading dan KKN Unej akan mengusung konsep wisata kuliner dan pertanian buah naga. Dipilihnya konsep ini, lantaran potensi buah naga di wilayah itu cukup bagus.

Sementara Hermanto Rohman, Koordinator Pusat Pemberdayaan Masyarakat Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember, menerangkan, sejak awal pihaknya menerjunkan KKN ke desa-desa di Bondowoso ini menyesuaikan dengan kebutuhan daerah.

Site-Plan-3.jpg

Di Bondowoso ini, kata dia, yang menjadi salah satu fokusnya yakni pengembangan wisata. Untuk itu, dalam KKN ini pihaknya mendorong dan membantu desa untuk melihat potensi wisata dan wirausaha di desa masing-masing.

“Kami dari Unej sangat senang dan siap untuk berkolaborasi terutama dalam penyiapan SDM dan juga penguatan pemasaran apalagi desa Sumbergading bagian dari desa binaan Unej,” tuturnya.

Selain disediakannya lahan seluas 3.900 m² untuk mengembangkan wisata oleh Desa Sumber Gading Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, untuk pembuatan wisata, gambar site plan tiga dimensi sudah diserahkan ke pihak desa oleh mahasiswa KKN Unej(*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration