Politik Debat Pilpres 2019

Debat Cawapres 2019 Harus Bisa Melihat Sektor Kesehatan Secara Komprehensif

Minggu, 17 Maret 2019 - 13:57 | 30.20k
Debat Pilpres 2019 Jilid 3. (ILUSTRASI - TIMES Indonesia)
Debat Pilpres 2019 Jilid 3. (ILUSTRASI - TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Keterlibatan sektor kesehatan dalam peningkatan sumber daya manusia pada debat Cawapres 2019 yang berlangsung di Hotel Sultan Jakarta nanti malam, Minggu (17/3/2019) sangat diharapkan bisa mencapai dialog yang masuk pada substansi permasalahan tersebut.

Anggota DJSN Dr. Zaenal Abidin mengatakan sektor kesehatan menjadi harapan utama didalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. "Kesehatan harus diutamakan karena tidak mungkin anak-anak bisa mengikuti pelajaran kalau tidak sehat atau sakit," katanya di Jakarta, Minggu (17/3).

Kalau ingin membangun menyehatkan manusia menurutnya, maka tentu unsur-unsur yang ada pada manusia itu harus dibicarakan secara menyeluruh, karena manusia itu terdiri dari jiwa, raga, spiritual dan sosial yang menyatu menjadi makhluk manusia.

"Di dalam pembangunan kesehatan ke empat unsur ini harus kita sentuh dan selalu terkoneksi dengan pembangunan sektor lain," ungkap mantan Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia.

Zaenal Abidin berharap debat Cawapres 2019 nanti malam, baik cawapres nomor urut satu dan nomor urut dua bisa melihat sektor kesehatan itu secara komprehensif dan melihatnya sebagai suatu sistem. Tidak hanya memperkecil menjadi pelayanan medis dan JKN. Apalagi hanya bicara tentang defisit JKN sekalipun itu mesti diselesaikan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES