Peristiwa Daerah

KPU Pandeglang Temukan Sekitar 740 Surat Suara Rusak

Minggu, 17 Maret 2019 - 13:51 | 38.91k
Sejumlah petugas sedang melipat surat suara yang sudah datang di gudang KPU Pandeglang. (FOTO: Irfan Sajid/TIMES Indonesia)
Sejumlah petugas sedang melipat surat suara yang sudah datang di gudang KPU Pandeglang. (FOTO: Irfan Sajid/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PANDEGLANGKPU Pandeglang mencatat, sebanyak 740 surat suara rusak. Hal tersebut diketahui, usai dilakukan pelipatan serta penyortiran surat suara. 

Menurut informasi yang dihimpun, surat suara yang sudah diterima oleh KPU Pandeglang diantaranya, DPD RI sebanyak  949.377  lembar dari kebutuhan 951.001dan DPRD Provinsi Banten, sebanyak 25.000 lembar.

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Suja'i menyatakan, surat suara yang rusak akan dimusnahkan setelah dilakukan pergantian oleh pihak perusahaan penyedia. Sedangkan, untuk jumlah yang rusak, saat ini ada sekitar 740 lebih. 

“Berdasarkan hasil penyortiran, surat suara rusak ada 740. Kemudian, surat suara itu akan dimusnahkan, yang akan disaksikan langsung oleh Bawaslu dan Kepolisian," kata Suja'i, Minggu (17/3/2019). 

Katanya, dalam proses atau mekanisme pergantian surat suara yang mengalami kerusakan, akan diajukan dengan laporan atau dibuatkan berita acaranya terlebih dahulu. Lalu, hasil sortirnya dilaporkan ke pihak penyedia. Sedangkan untuk jumlah surat suara yang rusak itu, yang paling mendominasi adalah surat suara DPR RI.

“Saat ini, kami masih tahap penyortiran dan pelipatan surat suara. Jadi belum bisa dipastikan, kapan akan dilakukan pergantian surat suara. Penyebabnya itu, mungkin karena kesalahan dari pihak penyedia logistik. Karena, kalau rusak akibat tumpukan rasanya kurang logis, sebab kertas itu semakin dipres semakin bagus,” tambahnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya baru selesai melakukan penyortiran untuk surat suara DPR RI saja. Jadi, untuk surat suara yang  selanjutnya, belum bisa memastikan apakah akan ada kerusakan atau tidak.

“Baru surat suara DPR RI yang di sortir. Jadi, yang diketahui ada kerusakan hanya surat suara itu saja,” imbuh Ketua KPU Pandeglang ini  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES