Peristiwa - Daerah

Ada Kampung KopiNesia di Tirtoyudo Kabupaten Malang

Ada Kampung KopiNesia di Tirtoyudo Kabupaten Malang Kepala Desa Tirtoyudo Adek Purwanto saat meresmikan Omah Kopi yang diinisiasi melalui Kampung KopiNesia. (Foto : Unira for TIMES Indonesia)
Minggu, 17 Maret 2019 - 13:37

TIMESINDONESIA, MALANG – Potensi kopi di Kabupaten Malang yang melimpah ruah, membuat Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik 2019 Unira Malang bersama Pokdarwis Tirtoyudo menginisiasi Kampung KopiNesia.

Keberadaan Kampung KopiNesia untuk mewadahi ragam potensi di Kabupaten Malang, salah satunya di Tirtoyudo.

Selain itu, juga mewadahi potensi kopi dari kata petani

"Branding nama kopi Tirtoyudo, sempat tenggelam, bahkan dicap nama kopi lain. Kopi Tirtoyudo harus muncul dengan berbagai penguatan serta ikhtiar bersama masyarakat Tirtoyudo,” ujar Pengurus Pokdarwis Tirtoyudo, Romli Muar kepada TIMES Indonesia, Minggu (17/3/2019)

Dia menambahkan bahwa ikhtiar tersebut, salah satunya adalah menginisiasi Kampung KopiNesia Tirtoyudo yang salah satu bentuknya mendirikan Omah Kopi.

Hal ini terwujud berkat kerjasama dengan Mahasiswa Unira.

"Omah Kopi merupakan sebuah tempat tidak besar namun menawarkan banyak hal didalamnya. Tentunya saya berterimakasih atas partisipasi dari mahasiswa Unira atas pendirian Kampung KopiNesia dan Omah Kopi ini," tuturnya

Sementara itu, mahasiswa KKN-T 2019 Unira Malang Fahri menyatakan bahwa Omah Kopi yang termasuk dalam Kampung KopiNesia Tirtoyudo ini didesain layaknya kedai kopi pada umumnya.

“Konsep desain Omah Kopi kita buat dengan mural yang bertemakan kembali desa dan ingat petani kopi. Ini meneguhkan dinamika kehidupan masyarakat desa yang penghasil utama kopi,” ungkapnya

Fahri mengharapkan bahwa setiap sruputan kopi yang dinikmati pengunjung di Omah Kopi semakin cinta dan akrab dengan Kopi Tirtoyudo yang memang sudah dikenal sejak jaman VOC Belanda.

Karenanya, untuk menghasilkan sruputan kopi yang berstandar, dia menyebut, para penggiat Omah Kopi telah mendapatkan pelatihan khusus 7 teknik brewing manual.

Sementara itu, Kepala Desa Tirtoyudo Adek Purwanto mengapresiasi terbentuknya Omah Kopi melalui konsep Kampung KopiNesia Tirtoyudo ini.

“Diharapkan Omah Kopi yang terinsiasi melalui Kampung KopiNesia ini menjadi pusat informasi perdagangan komoditas kopi Tirtoyudo, display produk UMKM masyarakat," terangnya.

Selanjutnya dia sebagai pribadi dan pemerintah desa mengucapkan terima kasih kepada Unira yang telah melakukan pembinaan melalui inisiasi Kampung KopiNesia Tirtoyudo dan terbentuknya Omah Kopi ini. (*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration