Senin, 23 September 2019
Peristiwa - Nasional

Soal 27 Nama Calon Komisioner KPI, Menkominfo: Belum Dilaporkan ke Saya

Soal 27 Nama Calon Komisioner KPI, Menkominfo: Belum Dilaporkan ke Saya Menkominfo RI, Rudiantara. (Tria Adha/TIMES Indonesia)
Minggu, 17 Maret 2019 - 01:30

TIMESINDONESIA, MALANGMenteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara, menyampaikan belum menerima laporan terkait 27 nama calon Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Periode 2019-2021.

Menurut Rudiantara saat dikonfirmasi TIMES Indonesia, pihaknya belum menerima nama-nama calon Komisioner KPI hasil seleksi Pansel.

"Pansel masih proses seleksi. Belum ada nama-nama yang dilaporkan ke saya," kata Rudiantara, ditemui usai menghadiri acara Acara Santun Bermedia untuk Pemilu Damai, Sabtu (16/3/2019), di Gedung Gajayana, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur.

Ia mengaku meragukan nama 27 calon Komisioner KPI yang beredar ke beberapa pihak. "Dari mana itu? Belum dilaporkan ke saya," katanya.

Saat ditunjukkan terkait data nama-nama 27 calon Komisioner KPI yang didapatkan TIMES Indonesia dari sumber terpercaya di internal anggota Pansel, Rudiantara menjawab bahwa belum mengetahui nama tersebut.

Namun, anggota Panitia Seleksi Komisioner KPI Pusat, Rahmat M Arifin, saat konfirmasi TIMES Indonesia mengatakan, bahwa proses seleksi telah selesai. Nama-nama yang sudah terpilih di tingkat Pansel, selanjutnya akan dipilih DPR RI.

"Proses seleksi sudah selesai dan sebanyak 27 calon sudah diserahkan ke Menteri Kominfo," tegas Rahmat.

Menurut Rahmat M Arifin, proses seleksi memang telah rampung dan sudah ditetapkan. Mereka yang terpilih di tingkat Pansel selanjutnya akan dipilih DPR RI.

Dua puluh tujuh 27 calon itu kata dia, nanti akan dipilih menjadi 9 orang Komisioner KPI pusat berikut cadangannya oleh DPR untuk periode 2019-2022.

Sementara itu, dari data yang diterima TIMES Indonesia, dari sumber terpercaya dan setelah dikonfirmasi kepada salah satu anggota Pansel yang meminta namanya tidak ditulis, membenarkan 27 nama-nama calon Komisioner KPI, yang diterima TIMES Indonesia tersebut.

Adapun 27 nama calon Komisioner KPI Pusat yang lolos seleksi Pansel, dari data yang diterima TIMES Indonesia itu diantaranya adalah: Adam Bakhtiar, Irsal Ambia, Mimah Susanti, Ade Bujaeremi, Muhammad Daud, Muhammad Reza, M Adil Quarta Anggoro, Prilani, M. Badrun, M. Fajrudin Taqwa, Azwar Hasan, Ira Diana, Mulyo Hadi Purnomo, Boyke Priyatnakusuma, Imam Wahyudi, Busrizalti, Dayu Padmana Rengganis, Dwi Ajeng, Muhammad Badaruddin, Muhammad Zamroni, Supadianto, Satrio  Arismunandar, Ubaidillah Sadewa, Riyanto Gozali, Rando Nadeak, Ida Bagus Alit dan Sapardiono.(*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration