Jum'at, 22 Maret 2019
Gaya Hidup

Ingin Diet Sehat? Yuk, Konsumsi Sayuran Sehat Ini

Ingin Diet Sehat? Yuk, Konsumsi Sayuran Sehat Ini Ilustrasi sayuran sehat. (FOTO: Dokter Sehat)
Minggu, 17 Maret 2019 - 08:31

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sayur memiliki nutrisi penting bermanfaat bagi kesehatan. Sayuran mengandung banyak serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari makan yang berlebihan. Maka tak heran jika sayuran bisa menjadi pilihan diet sehat. Apa saja sayuran sehat yang bisa dimanfaat untuk diet?

1. Selada

Selada merupakan sayuran yang rendah kalori dan rendah karbohidrat, sangat cocok untuk dijadikan sayuran untuk diet sehat. Selain itu, selada kaya akan nutrisi seperti kalium, kalsium, folat, zat besi, serat, dan vitamin. Selada umumnya dikonsumsi mentah, bisa sebagai lalapan atau dijadikan isi untuk campuran salad. Karena mengandung nol lemak, Anda bisa sering-sering makan selada.

2. Brokoli

Brokoli mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Brokoli sering dikomsumsi orang yang diet rendah karbohidat karena mengandung karbohidrat kompleks. Jadi sangat cocok dikonsumsi orang yang tidak atau sedikit makan nasi namun tetap ingin mendapatkan nutrisi yang diperlukan.

3. Bayam

Di Indonesia, bayam umumnya disayur bening. Namun saat ini ragam olahan bayam menjadi lebih bervariasi, misalnya ditumis, dimasak bersama pasta, dijadikan kripik bayam, ataupun diolah menjadi smoothies sehat. Untuk kamu yang sedang diet ataupun butuh asupan zat besi yang tinggi, mengonsumsi sayur bayam sangat dianjurkan.

4. Sawi Putih

Sawi putih atau sering dikenal sebagai sawi cina merupakan salah satu jenis sayuran yang bagus untuk diet sehat. Sawi putih mengandung kalsium, kalium, magnesium, dan kaya akan vitamin K, vitamin A, dan vitamin C. Selain itu, sayuran sehat ini juga mengandung zat anti oksidan dan anti inflamasi yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Anti inflamasinya juga dapat tubuh terhadap peradangan, sehingga dapat mencegah penyakit seperti arthritis. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration