Gaya Hidup

Bukan Diet Ketat, Ini Cara yang Tepat Menurunkan Berat Badan

Minggu, 17 Maret 2019 - 07:22 | 213.76k
Menurunkan berat badan. (FOTO: Alodokter)
Menurunkan berat badan. (FOTO: Alodokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Siapa yang tak ingin memiliki berat badan ideal. Tentu hampir semua orang menginginkannya. Bukan hanya mempengaruhi penampilan, berat badan ideal juga bermanfaat memperkecil risiko gangguan kesehatan. Sayangnya, banyak orang salah memilih cara untuk mencapai berat badan ideal. Bagi orang-orang gemuk, banyak yang berusaha menurunkan berat badan dengan cara melakukan diet ketat. Padahal diet ketat bisa berisiko untuk kesehatan.

Dilansir dari Reader’s Digest, terdapat 5 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Cara-cara tersebut telah terbukti aman dan efektif. Apa saja langkah tepat menurunkan berat badan tersebut?

1. Kurangi asupan kalori

Bukan makanan yang dihilangkan sama sekali, melainkan jumlah kalorinya yang disesuaikan. Itulah prinsip yang bisa Anda terapkan bila ingin menurunkan berat badan dengan diet seimbang. Sehingga, Anda tetap mendapatkan segala kebutuhan gizi tanpa harus takut kegemukan.

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda, tergantung pada kondisi fisik dan aktivitas hariannya. Maka, untuk menentukan seberapa banyak kalori yang bisa Anda makan, sebaiknya atur bersama dokter dan ahli gizi.

2. Hindari makanan penutup yang tinggi gula

Sudah berhasil mengurangi kalori dan porsi makanan utama, langkah selanjutnya adalah menahan diri dari godaan makanan penutup yang manis. Pasalnya, mengurangi asupan gula merupakan langkah besar dalam menurunkan berat badan.

3. Lakukan olahraga kardio minimal 30 menit per hari

Untuk mengikis lemak di tubuh, jenis olahraga yang paling penting untuk dilakukan adalah latihan kardio, seperti lari, aerobik, bersepeda, zumba, dan lainnya. Latihan kardio sangat baik untuk dilakukan setiap hari setidaknya selama 30 menit.

Bila Anda mengombinasikan latihan kardio dengan latihan beban, maka hasilnya akan lebih baik lagi. Karena hasilnya, tubuh Anda tak cuma langsing, tetapi juga akan terlihat kencang dan menarik.

4. Konsumsi makanan segar

Makanan kemasan biasanya mengandung banyak gula, lemak, garam, pengawet, MSG, dan zat-zat tak baik lainnya. Bila Anda ingin tubuh memiliki metabolisme yang maksimal, hentikanlah kebiasaan mengonsumsi makanan kemasan atau olahan tersebut. Akan lebih baik bila Anda mengisi perut dengan makanan segar yang baru dimasak, terutama yang terbuat dari sayur-sayuran dan protein tanpa lemak jahat.

5. Lakukan High-Intensity Interval Training (HIIT)

Jenis latihan ini akan menantang fisik Anda. Berjalanlah selama 3 menit, lalu berlarilah selama 3 menit. Dengan melakukan teknik tersebut selama 20–50 menit, lemak dalam tubuh akan terbakar banyak.

Itulah lima langkah yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Cara di atas lebih aman daripada Anda harus melakukan diet ketat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES