Kesehatan

Waspadai Gingivitas, Penyebab Gusi Berdarah yang Jarang Disadari

Waspadai Gingivitas, Penyebab Gusi Berdarah yang Jarang Disadari Ilustrasi gusi berdarah. (FOTO: OkayDoc.com)
Minggu, 17 Maret 2019 - 06:37

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jangan abaikan gusi berdarah yang sering Anda alami. Gusi berdarah ini bukan hanya disebabkan hal-hal sepele. Gangguan kesehatan gigi ini bisa terjadi akibat keluhan gingivitis atau peradangan gusi.

Penyebab paling umum gusi berdarah akibat gingivitas adalah plak yang menumpuk pada gigi, yang kemudian dapat mengeras dan berubah menjadi karang gigi atau kalkulus. Semakin lama plak dan karang gigi tertinggal pada permukaan gigi, semakin teriritasi pula gusi Anda. Pada akhirnya, timbulnya peradangan tak bisa dihindari lagi.

Pada tahap lebih lanjut, gingivitis bisa menyebabkan munculnya celah di antara gusi dan gigi, dimana hal tersebut membuat bakteri lebih mudah masuk dan merusak akar gigi. Selain itu, gingivitis tahap lanjut juga sangat mungkin menyebabkan terjadinya penyusutan pada gusi.

Gingivitas ini juga dipicu oleh kebiasaan buruk seperti merokok, kebersihan rongga mulut kurang dijaga, konsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka panjang.

Jangan anggap sepele gusi berdarah, apalagi dibiarkan terjadi berkelanjutan. Segera berobat ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat. Karena pada dasarnya, gingivitis yang menjadi penyebab gusi berdarah juga dapat menandakan adanya suatu penyakit serius, seperti leukemia dan penyakit hati kronis. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration