Kesehatan

Selain Tubuh Lemas, Ini Gejala Anemia yang Harus Diwaspadai

Selain Tubuh Lemas, Ini Gejala Anemia yang Harus Diwaspadai Ilustrasi. (FOTO: Magazine Job-Like)
Minggu, 17 Maret 2019 - 04:13

TIMESINDONESIA, JAKARTAAnemia adalah kondisi di mana kadar hemoglobin dalam darah menurun drastis hingga mengakibatkan fisik menjadi lemah. Anemia umum ditandai dengan tubuh mudah letih dan lesu. Namun, tak hanya itu. Ada banyak gejala anemia yang jarang disadari.

Berikut beberapa gejala anemia yang tidak boleh diabaikan, dilansir dari Boldsky.

1. Napas tersengal

Apabila mengalami kesulitan bernapas atau napas tersengal-sengal setelah berjalan beberapa menit atau setelah beraktivitas ringan, mungkin saja Anda terkena anemia. Anemia menyebabkan darah kekurangan zat besi dan vitamin B12 yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke paru-paru. Maka, orang yang mengalami anemia biasanya sulit bernapas karena paru-paru tidak cukup menerima oksigen.

2. Kulit pucat

Jika kulit Anda mulai terlihat lebih pucat dari biasanya, segeralah memeriksa darah karena mungkin saja hal tersebut disebabkan oleh anemia. Ketika jumlah sel darah merah di tubuh sehat, maka darah yang mencapai kulit juga akan sehat sehingga kulit terlihat lebih sehat. Saat sel darah merah rendah karena anemia, maka kulit juga akan terlihat lebih pucat dari biasanya.

3. Dada sesak

Jika Anda sering merasakan nyeri ringan pada dada, terutama daerah dekat jantung, segera periksa apakah mengalami anemia sebelum tes jantung. Sejumlah penelitian mengungkap bahwa orang yang menderita anemia bisa juga mengalami penyakit jantung karena organ vital tersebut harus bekerja lebih untuk menyuplai darah yang mengandung oksigen. Maka, anemia harus disikapi dengan serius karena bisa memicu penyakit jantung.

4. Ingin makan benda-benda aneh

Jika Anda merasa ingin memakan benda-benda seperti es batu, ujung pensil, cat, atau punya keinginan untuk makan setelah mencium baunya, maka itu sudah termasuk gejala anemia. Mungkin gejala ini terdengar aneh tetapi fakta mengatakan sebaliknya. Gejala aneh ini disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam darah sehingga Anda mulai ngidam yang aneh-aneh.

5. Suhu tubuh mengalami dingin yang ekstrem

Kalau Anda merasakan adanya suhu dingin yang ekstrem, seperti tangan dan kaki, dibandingkan bagian tubuh yang lain bahkan ketika temperatur lembab, maka Anda bisa saja terkena anemia. Zat besi dalam sel darah merah berfungsi untuk menyuplai panas ke seluruh tubuh. Jadi, ketika ada sel darah merah yang kurang di tubuh karena anemia, maka bagian tubuh tertentu akan terasa dingin.

6. Sering sakit kepala

Apabila akhir-akhir ini Anda sering mengalami sakit kepala tanpa alasan yang jelas, maka segera periksa karena siapa tahu menderita anemia. Normalnya, sakit kepala tidak berhubungan langsung dengan anemia. Tetapi, ketika bagian kepala tidak mendapatkan darah yang mengandung oksigen yang cukup, maka sakit kepala akan segera terasa.

7. Menstruasi berlebihan

Gejala anemia ini hanya terjadi pada wanita. Jika Anda merasakan ada aliran darah yang berlebihan saat datang bulan, maka itu bisa menjadi tanda-tanda anemia. Karena tidak ada sel darah merah serta zat besi yang cukup, kualitas darah yang melapisi rahim selama periode menstruasi akan sangat tipis. Akibatnya, terjadi pendarahan berlebih pada wanita yang mengalami anemia saat menstruasi. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration