Peristiwa - Daerah

Ajak Santun Bermedia, Menkominfo RI Minta Jancukers Hati-Hati Gunakan Kata 'Jancuk'

Ajak Santun Bermedia, Menkominfo RI Minta Jancukers Hati-Hati Gunakan Kata 'Jancuk' Menteri Kominfo, Rudiantara dalam Santun Bermedia Untuk Pemilu Damai. (Tria Adha/TIMES Indonesia)
Sabtu, 16 Maret 2019 - 22:40

TIMESINDONESIA, MALANGMenkominfo RI, Rudiantara, mengajak seluruh masyarakat Kota Malang untuk santun bermedia sosial, dalam Acara Santun Bermedia untuk Pemilu Damai, Sabtu (16/3/2019), di Gedung Gajayana, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur.

Menkominfo RI yang tampil bersama budayawan Sudjiwo Tedjo, banyak menjelaskan tentang bahaya hoaks dan hate speach yang sering ditemukan di media sosial. Menurutnya, dalam bermedia sosial setiap netizen harus berhati-hati, dan klarifikasi.

Menkominfo-Sudjiwo-2.jpgMenteri Kominfo, Rudiantara saat menghadiri Santun Bermedia Untuk Pemilu Damai di Gedung Gajayana Malang. Sabtu, 16/3/2019.

Rudiantara menyebut, hingga akhir Februari 2019, setidaknya ada sebanyak 700 konten hoaks. Hoaks ini banyak bertebaran di media sosial di tahun pesta politik.

"Harus hati-hati, jangan sampai ikut menyebarkan konten negatif, hate speach, dan hoaks," kata Rudiantara, dihadapan Jancukers, penggemar fanatiknya budayawan Sudjiwo Tedjo.

Ia mencontohnya dengan kata 'Jancuk', kata ini bisa dinilai umpatan di luar komunitas. Karena kata ini sendiri merupakan sebuah kata yang menjadi ciri khas komunitas masyarakat di Jawa Timur, diantaranya Surabaya, Malang dan Lamongan.

"Kalau itu diucapkan atau di-posting di media sosial, di luar komunitas, bisa salah arti. Jadi hati-hati," terangnya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa di Kementerian Kominfo RI memiliki sejumlah sanksi. Saksi pertama yang diterapkan adalah mengumumkan ke publik akun yang menyebar hoaks.

BACA JUGA: Acara 'Santun Bermedia untuk Pemilu Damai', Hadirkan Sudjiwo Tedjo di Kota Malang

Hal itu akan memberikan sanksi sosial bagi masyarakat pemilik akun tersebut. Tetapi kalau itu membuat kehebohan di masyarakat membuat jadi masyarakat bertentangan dengan undang-undang ITE, maka akan diproses dan ditindaklanjuti oleh aparat penegak hukum.

Dalam acara Santun Bermedia untuk Pemilu Damai di Kota Malang, turut dimeriahkan penampilan budayawan Sudjiwo Tedjo. Sebelum itu, ada penampilan dari dKross, Museum Musik Indonesia (MMI), dan penjelasan santun bermedia oleh Kominfo RI(*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration