Kesehatan

Pilihan Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

Pilihan Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia Ilustrasi. (FOTO: Dokter Sehat)
Minggu, 17 Maret 2019 - 01:16

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kondisi kurang darah atau anemia bisa terjadi jika jumlah sel darah merah dalam tubuh menurun. Umumnya, hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi. Kurang darah membuat tubuh akan merasa lemas, letih, sakit kepala, dan mudah lelah. Agar jumlah darah kembali normal, dianjurkan untuk konsumsi makanan penambah darah yang kaya akan zat besi, vitamin B12, asam folat, dan protein.

Berikut ini makanan penambah darah yang baik dikonsumsi, terutama untuk orang yang anemia.

1. Daging merah

Daging merah, seperti daging sapi dan daging kambing, adalah sumber zat besi heme. Daging merah merupakan makanan penambah darah yang paling mudah ditemui. Dalam 100 gram daging merah terkandung 2,7 mg zat besi. Ini sudah memenuhi 15 persen asupan harian yang disarankan.

2. Jeroan

Organ dalam hewan seperti hati, ginjal, otak dan jantung, mengandung zat besi yang tinggi. Bahkan 100 gram hati sapi mengandung 6,5 mg zat besi yang sudah memenuhi 36 persen asupan harian yang disarankan.

3. Daging unggas

Mengonsumsi 100 gram daging ungags, seperti ayam, sudah memenuhi 13 persen asupan harian zat besi yang disarankan. Selain ayam, makanan penambah darah dari golongan daging unggas adalah daging bebek.

4. Seafood

Seafood, terutama kerang dan tiram, kaya akan zat besi. Bahkan dalam 100 gram kerang terdapat 28 mg zat besi. Namun, kandungan zat besi dari kerang-kerangan sangat bervariasi, ada yang tinggi dan ada juga yang jauh lebih rendah.

5. Buah-buahan

Agar terhindar dari anemia, coba konsumsi buah-buahan seperti kismis, plum, apel anggur dan melon. Buah tersebut tidak hanya bermanfaat memperlancar aliran darah, tapi juga bisa menambah jumlah sel darah merah. Buah jeruk dan limau juga bisa menambahkan zat besi dalam tubuh.

6. Sayuran berwarna hijau gelap

Sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli, merupakan sumber zat besi yang baik. Namun disarankan untuk memasak bayam terlebih dahulu untuk mendapatkan manfaat zat besi yang maksimal. Dengan dimasak, zat besi akan lebih mudah terserap oleh tubuh.

7. Kacang-kacangan dan bji-bijian

Dua jenis makanan ini termasuk makanan penambah darah. Selain kaya akan zat besi, kacang-kacangan juga mengandung asam folat dan protein yang berperan dalam pembentukan sel darah merah baru di dalam tubuh. Bahan makanan ini tentu sangat penting bagi Anda yang mengalami anemia. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration