Ekonomi

Ademos: Desa adalah Pilar Ketahanan Pangan Nasional

Sabtu, 16 Maret 2019 - 19:03 | 200.96k
Peserta dari unsur pemerintah desa, Gapoktan, Gabungan Kelompok Ternak, dan kelompok UMKM mengikuti sarasehan sinau bareng desa yang digelar Ademos di Pendopo Malowopati, Kabupaten Bojonegoro, Sabtu, (16/3/2019). (FOTO: istimewa)
Peserta dari unsur pemerintah desa, Gapoktan, Gabungan Kelompok Ternak, dan kelompok UMKM mengikuti sarasehan sinau bareng desa yang digelar Ademos di Pendopo Malowopati, Kabupaten Bojonegoro, Sabtu, (16/3/2019). (FOTO: istimewa)

TIMESINDONESIA, BOJONEGORO – “Desa sebagai Pilar Ketahanan Pangan Nasional” menjadi tema sarasehan sinau bareng desa yang diusung Asosiasi untuk Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Ademos) di Pendopo Malowopati, Kabupaten Bojonegoro.

Sarasehan sinau bareng desa ini menghadirkan Arie Sujito, Dosen FISIP Universitas Gadjah Mada (UGM) sekaligus mantan satgas Dana Desa dan Wisma General Meanager PT Petrokimia itu, sebagai rangkaian memperingati ulang tahun ke-12 Ademos.

ADEMOS-238abe8f5189830a6.jpg

“Keberadaan organisasi seperti Ademos di desa merupakan nadi perubahan di tingkat lokal. Ia menjadi tempat bagi anak-anak muda bersama aktivis desa untuk belajar menggali dan mengembangkan potensi yang ada di desa,” kata Arie, Sabtu, (16/3/2019).

Para narasumber juga, membagikan pengalamannya selama berkecimpung di bidang ketahanan pangan khususnya pertanian nasional, kepada unsur-unsur pemerintah desa, gabungan kelompok tani (Gapoktan), Gabungan Kelompok Ternak, serta kelompok UMKM.

Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto, yang hadir pun menegaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan Ademos.

“Saya berharap Ademos dengan kegiatan-kegiatannya bisa melangkah ke wilayah yang lebih luas lagi, tidak hanya di wilayah Bojonegoro bagian barat tetapi juga ke wilayah selatan dan timur,” katanya.

Sementara itu, Moh. Kundori Ketua Ademos menyebut, desa harus menjadi pilar ketahanan pangan nasional. “Segala potensi yang ada di desa ke depan harus kita kelola dan kita kemas secara kreatif,” ucap

Kundori mengaku, selama 12 tahun berkiprah dalam Sinau Bareng, Ademos mengikrarkan diri menjadi bagian dari perjuangan masyarakat desa untuk pemerataan kesejahteraan.

Ademos ke depan akan menemani masyarakat desa menuju desa yang mandiri dalam segala bidang terutama di bidang pangan,” ujarnya usai sarasehan dan sinau bareng dengan tema "Desa sebagai Pilar Ketahanan Pangan Nasional” di Bojonegoro. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES