Peristiwa Daerah

Dewan Pers: Media Harus Jadi Rujukan Pemilu Masyarakat

Sabtu, 16 Maret 2019 - 18:27 | 42.00k
Ketua Dewan Pers RI, Yosep Stanley Adi Prasetyo. (Foto: Imadudin M/TIMES Indonesia)
Ketua Dewan Pers RI, Yosep Stanley Adi Prasetyo. (Foto: Imadudin M/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo menyampaikan media harus menjadi rujukan Pemilu 2019. Menurutnya, 41 hari jelang Pemilu 2019, media harus bisa memberikan informasi terkait wakil masyarakat di setiap daerah.

"Media harus memberitakan caleg di setiap daerah, karena masyarakat butuh referensi terkait calon wakil mereka, baik track record," katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa berita tentang peserta pemilu ini penting, agar masyarakat tidak salah pilih lagi. 

Ia juga menyampaikan pada setiap jurnalis untuk lebih berhati-hati dalam tahun politik ini. Menurutnya, wartawan harus turun ke lapangan langsung untuk menjalankan tugas-tugas jurnalistik. 

"Jangan gunakan media sosial. Itu rawan hoax. Harus mau kerja wartawan tradisional, turun ke lapangan, dan datang langsung ke narasumber," terangnya.

Yosep juga menyampaikan kondisi pers Indonesia saat terbagi menjadi tiga kelompok. Tiga kelompok media ini meliputi media profesional, media partisan, dan media abal-abal.

"Dari tiga media tersebut hanya media profesional yang bertahan, karena kualitasnya," terangnya.

Sebagai informasi, dalam diskusi publik UWG Malang dan PWI, terdapat empat narasumber yang dihadirkan yakni Tokoh Pers Nasional Bagir Manan, Ketua Dewan Pers Yosep Stanley, Ketua IJTI Yadi Hendriana, Kaukus Media dan Pemilu Agus Sudibyo, dan Dosen UWG Malang Zulkarnain.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES