Peristiwa - Daerah

Di UWG Malang, Prof Bagir Manan: Pers Harus Jaga Marwah dan Pencerah Pemilu 2019

Di UWG Malang, Prof Bagir Manan: Pers Harus Jaga Marwah dan Pencerah Pemilu 2019 Tokoh Pers Nasional, Bagir Manan saat mengisi diskusi Publik tokoh pers nasional di UWG Malang. (FOTO: Imadudin M/TIMES Indonesia)
Sabtu, 16 Maret 2019 - 16:25

TIMESINDONESIA, MALANG – Tokoh pers nasional Prof Bagir Manan, mengingatkan para seluruh elemen pers untuk menjadi pencerah Pemilu 2019. Menurutnya, setiap jurnalis dan lembaga pers harus tetap menjaga marwah pers yang independen, bermartabat, dan berkualitas.

Bagir menyampaikan ada empat hal yang harus dipegang oleh insan pers, dalam Diskusi Publik 'UU ITE, Pers Netral Menuju Pemilu Berkualitas, yang digelar Universitas Widyagama (UWG) Malang dan PWI Malang Raya, Sabtu (16/3/2019).

Bagir menyampaikan pertama pers harus tetap loyal, setia, dan taat menjalankan prinsip jurnalisme demokratis. Kedua, pers tetap menjaga independensi sebab bisa juga pers tidak independen.

Ketiga, pers mesti menjaga dirinya sebagai institusi publik yang harus menjaga kepercayaan publik, dan keempat, dalam pelaksanaan pemilu pers harus menjamin pemilu berjalan bebas, karena bebas ini juga merupakan hidup matinya pers.

"Pers itu harus menjunjung tinggi prinsip pers," kata Bakir.

Bagir menyampaikan demokrasi pers itu independen, sedangkan independensi itu sendiri adalah kebebasan. Independensi pers itu ada konsekuensinya yakni pers harus kebal terhadap segala bentuk intervensi, tidak berpihak, adil, dan kebenaran.

“Tidak berpihak itu pengertian bukan netral. Tapi boleh berpihak dengan dasar kebenaran atau objektivitas,” kata mantan Ketua Dewan Pers.

Selain itu, Bakir mengingatkan prinsip pers ini tidak boleh meninggalkan prinsip profesionalisme, kode etik pers, dan harus mewakili kepentingan publik.

"Ini harus dipegang terus. Jangan sampai prinsip pers ini kalah dengan kepentingan tertentu,” katanya.

Sebagai informasi, dalam diskusi publik UWG Malang dan PWI, terdapat empat narasumber yang dihadirkan yakni Tokoh Pers Nasional Prof Bagir Manan, Ketua Dewan Pers Yosep Stanley, Ketua IJTI Yadi Hendriana, Kaukus Media dan Pemilu Agus Sudibyo, dan Dosen UWG Malang Zulkarnain. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration