Minggu, 24 Maret 2019
Peristiwa - Daerah

Pejabat Utama Pemkot Probolinggo Jalani Pemeriksaan Kesehatan, Ada Apa? 

Pejabat Utama Pemkot Probolinggo Jalani Pemeriksaan Kesehatan, Ada Apa?  Cek kesehatan pejabat utama Pemkot Probolinggo. (FOTO: Humas for TIMES Indonesia)
Sabtu, 16 Maret 2019 - 15:08

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Pejabat utama Pemkot Probolinggo, Jawa Timur, jalani pemeriksaan kesehatan. Pengecekan kesehatan itu, merupakan program pengecekan Penyakit Tidak Menular (PTM). Ini dilakukan agar masing-masing pejabat utama dapat mendeteksi secara dini penyakit yang diderita sehingga kinerja pejabat utama dapat terus terjaga.

Pemeriksaan dilakukan di gedung Sabha Bina Praja, Pemkot Probolinggo. Seluruh kepala OPD, Walikota dan Wakil Walikota Probolinggo, ikut dalam skrinning PTM ini. Pemeriksaan dilakukan mulai dari pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tensi darah dan cek smokelyzer (kadar CO dalam paru – paru). Serta cek darah meliputi kolesterol, asam urat dan kadar gula.

Setelah serangkaian pemeriksaan dilalui, selanjutnya konsultasi kesehatan. Seorang dokter sudah siap memberikan konsultasi pada pejabat utama sesuai hasil pemeriksaannya. “PTM harus ditanggulangi, Banyak sekali faktor resiko terkena PTM meliputi asap rokok, pola makan tidak sehat dan jarang berolahraga,” terang Kepala Dinas Kesehatan, Ninik Ira Wibawati, Sabtu (16/3/2019).

Selain itu, pihak Dinkes sebelumnya sudah melatih beberapa ASN di setiap OPD. Pelatihan itu meliputi cara memeriksa PTM. Fungsinya sebagai kontrol dan deteksi dini.

 Hal itu mendapat respon positif dari Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin. Melalui deteksi dini ini, diharapkan masing-masing pejabat utama di lingkungan Pemkot Probolinggo, lebih mengerti dan paham soal kesehatan. “Jangan menunggu sakit, kesehatan harus selalu dijaga. Agar kinerja tetap stabil dan berjalan dengan baik,” ujarnya. (*)

Jurnalis : Happy L. Tuansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Loading...
Registration