Jum'at, 22 Maret 2019
Peristiwa - Daerah

Menteri Bappenas Tinjau Pembangunan IPAL di Probolinggo

Menteri Bappenas Tinjau Pembangunan IPAL di Probolinggo Menteri PPN Bappenas, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro (kanan) didampingi Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari, saat meninjau pembangunan IPAL di Kabupaten Probolinggo (Foto: Dicko/TIMES Indonesia)
Sabtu, 16 Maret 2019 - 14:28

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Bambang  Permadi Soemantri Brodjonegoro, meninjau program pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL Komunal, di Dusun Krajan, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (16/3/2019).

Program IPAL yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program PPN untuk sanitasi layak untuk masyarakat. Yang saat ini program teresebut berjalan sukses di Kelurahan Patokan, Kraksaan.

IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah adalah sarana untuk mengolah limbah cair (limbah dari WC, dari air cuci/kamar mandi). Yang akrab bagi  masyarakat adalah IPAL untuk limbah WC lebih dikenal dengan sebutan septik tank.

Menurut menteri Bambang, di Indonesia saat ini akses sanitasi layaknya masih di seputaran 75 persen, selebihnya yaitu 25 persen masih belum layak.

“Jadi masih sangat perlu kita menambah sarana sanitasi termasuk pengelolaan air limbah. Kenapa? Karena kalau hanya sanitasi saja, atau pembuangan di masing-masing rumah saja, dan dibuang ke sungai, maka sungainya akan tercemar,” kata Bambang, usai blusukan ke rumah warga melihat salah satu pembanguan IPAL.

Kata dia, jika sungai sudah tercemar akan menimbulkan penyakit kepada masyarakat.

“Dengan IPAL ini ada dua tujuan yang tercapai. Yaitu menjaga lingkungan dan menciptakan hidup sehat,” terangnya.

Ia menambahkan, IPAL bisa dibangun secara pribadi atau digunakan untuk satu keluarga/bangunan dan dioperasikan sendiri. Bisa juga satu IPAL digunakan bersama-sama atau komunal.”Seperti yang saat ini saya kunjungi di Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo ini,” ucap Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Bambang  Permadi Soemantri Brodjonegoro.(*)

Jurnalis : Dicko W
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Loading...
Registration