Minggu, 24 Maret 2019
Peristiwa - Daerah

Bersinergi Polres Batu dan Pemdes Kaumrejo Dirikan Rukan Bhabinkamtibmas

Bersinergi Polres Batu dan Pemdes Kaumrejo Dirikan Rukan Bhabinkamtibmas Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto Sik MSi saat meresmikan Rukan Bhabinkamtibmas Desa Kaumrejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman /TIMES Indonesia)
Sabtu, 16 Maret 2019 - 13:54

TIMESINDONESIA, BATU – Bersinergi dengan rakyat, Polres Batu bersama Pemerintah Desa Kaumrejo, Ngantang mendirikan Rumah Kantor (Rukan) Bhabinkamtibmas.

Rukan Bhabinkamtibmas ini diresmikan oleh Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto Sik MSi didampingi oleh Wakapolres Batu, Kompol Zein Mawardi AMd.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut adalah Kabag Ops Polres Batu, Kompol Endro Sujiat, Ketua MUI Kecamatan Ngantang, KH. Masyhur, Pengasuh Ponpes Bahrul Ulum, Kiai Nurul Yaqin, Camat Ngantang, Drs Eru Suprijambodo Msi, Kapolsek Ngantang, AKP. H.Moch Lutfi SH.MSi dan Batuud Rami 0818/4 Ngantang, Serma Mashudi.

Polres-Batu-AB.jpg

Rukan Bhabinkamtibmas ini berdiri diatas tanah kas desa seluas 12 x 50 meter persegi. Pemdes Kaumrejo menyiapkan anggaran kurang lebih Rp. 130 juta yang diambil dari Dana Desa (DD).

Dulu bangunan yang direnovasi tersebut merupakan bangunan TK yang mangkrak dan sering disalahgunakan sekelompok orang untuk hal-hal yang merugikan warga.

Kini  bangunan tersebut digunakan sebagai Rukan Bhabinkamtibmas yang ditempati Brigpol Fakhrul Yusuf anggota Bhabinkamtibmas Kaumrejo, Ngantang.

Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto Sik MSi memberikan apresiasi kepada Camat Kasembon, Pemdes Kaumrejo dan Polsek Ngantang yang telah mewujudkan Rukan Bhabinkamtibmas.

“Kami minta Rukan ini bukan diibaratkan kantor polisi, tetapi ini mewakili rekan 3 pilar untuk menyelesaikan berbagai di masyarakat. Bukan penegakan hukum jadi patokan penyelesaian keadilan disini,” ujar kapolres.

Kapolres mengharapkan Rukan Kamtibmas ini menciptakan restorative justice, dimana langkah penegakan hukum yang digunakan lebih menitik beratkan pada terciptanya keadilan dan keseimbangan di masyarakat.

Kapolres-Batu-AKBP-Budi-Hermanto-AA.jpg

Keberadaan Rukan ini menurut kapolres bisa jadi tempat konsultasi hukum serta menjembatani komunikasi antara masyarakat dengan pihak kepolisian.

“Seperti tadi Pak Kades bercerita soal alokasi dana desa, kita punya satgas bansos, dimana masyarakat bisa berkonsultasi hukum dengan polisi,” kata kapolres.

Ditempat terpisah, Kades Kaumrejo, Hartono mengatakan inisiatif membuat Rukan Bersama tercipta dari visi misinya saat mencalonkan diri sebagai kepala desa.

“Tujuannya untuk menciptakan tempat yang aman dan nyaman untuk masyarakat desa kami. Sekaligus untuk tempat edukasi hukum warga kami sekaligus tempat untuk memecahkan permasalahan bersama,” ujar Hartono.

Ke depan harapaan kami, bisa digunakan masyarakat untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi warga Desa Kaumrejo.

Rukan ini juga digunakan untuk tempat posyandu, karang taruna. “Kita berharap dengan keberadaan Rukan ini menjadi tempat berbaur dengan warga dengan polisi, kalau di Rukan ini kan, masyarakat tidak canggung dan tidak khawatir, jadi selain menyelesaikan masalah, warga menjadi melek hukum,” kata Handoko.

Karena itu bersinergi dengan rakyat, Polres Batu bersama Pemerintah Desa Kaumrejo, Ngantang mendirikan Rukan Bhabinkamtibmas.(*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Loading...
Registration