Selasa, 26 Maret 2019
Kuliner

Kue Lumpur Tuban, Jajanan Tradisonal Bercitarasa Internasional

Kue Lumpur Tuban, Jajanan Tradisonal Bercitarasa Internasional Proses pembuatan kue lumpur muda-mudi Tuban, Sabtu, (16/03/2019) (FOTO: Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)
Sabtu, 16 Maret 2019 - 13:32

TIMESINDONESIA, TUBANKue lumpur, jajanan tradisional Indonesia asal Sidoarjo, yang terbuat dari tepung terigu, gula, santan, garam, telur ayam kampung dan bumbu rahasia, kini mulai banyak diminati muda-mudi. Tak terkecuali oleh warga di Kabupaten Tuban Bumi Wali.

Jajanan tradisional yang bercitarasa seperti makanan Internasional itu, juga viral dan banyak diminati masyarakat di Jawa Timur pada khususnya dan daerah lain pada umumnya.

TIMES-Indonesia-kue-lumpur-muda-mudi-Tuban-2.jpg

Melihat tingginya minat masyarakat akan kue lumpur, membuat salah seorang warga Tuban, Ernawati, membuka cabang di kota berjuluk Bumi Wali ini.

Kehadiran toko Kue Lumpur "Muda-mudi" cabang Sidoarjo di Kabupaten Tuban, yang berlokasi di Jalan Basuki Rahmad nomer 299 Tuban itu pun selalu

ramai dikunjungi pembeli, baik dari warga tuban sendiri maupaun luar kota.

"Rasanya enak mas, dan beda dengan kue yang lain. Saat di makan juga seperti ada lumeran lumpur yang lembut di lidah dengan cita rasanya yang khas," kata salah satu penikmat kue lumpur, Suwandi.

Cara pembuatan kue lumpur tersebut juga tergolong unik, setelah semua bahan adonan tercampur, adonan tersebut dimasukkan ke dalam cetakan dan di masak menggunakan alat masak tradisional seperti tungku yang berisi arang yang diletakkan di atas dan bawah cetakan.

Alat masak unik itu, membuat kue lumpur milik ibu Ernawati yang memiliki tujuh cita rasa matang sempurna dengan tekstur padat diluar dan lembut seperti lumpur saat dimakan.

"Kita menyediakan sejumlah cita rasa, seperti, Original, nangka, kelapa, Green Tea, durian, coklat, dan keju," kata Ernawari.

Selain itu, toko kue lumpur milik istri seorang anggota Polri dari Polda Jatim, juga menyediakan dua rasa khas lokal Tuban yang tidak ada di cabang kota lainnya. "Kita ada rasa buah Siwalan dan waluh yang menjadi ciri khas kue lumpur muda-mudi Tuban," imbuhnya.

Untuk harga, kue lumpur muda-mudi ini tergolong cukup murah, yaitu seharga Rp 25.000 untuk satu box berisi 10 butir kue lumpur dengan rasa Original. Kemudian Rp 30.000 untuk satu box berisi 10 butir kue lumpur varian rasa. Kini, hadir di Tuban Bumi Wali. (*)

Jurnalis : Achmad Choirudin (MG-62)
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Tuban

Komentar

Loading...
Registration