Peristiwa - Daerah

RS Wafa Husada Lakukan Skrening Kesehatan Ibu Hamil di Desa Olak Alek Blitar

RS Wafa Husada Lakukan Skrening Kesehatan Ibu Hamil di Desa Olak Alek Blitar Rumah sakit Wafa Husada Malang menggelar kegiatan sosial berupa edukasi skrening kesehatan Ibu Hamil dengan sasaran Ibu Hamil, Kader Posyandu, Tim Peggerak PKK di Desa Olak-Alen Kecamatan Selorejo, Blitar, Sabtu (16/3/2019).
Sabtu, 16 Maret 2019 - 12:13

TIMESINDONESIA, MALANGRumah sakit Wafa Husada Malang menggelar kegiatan sosial berupa edukasi skrening kesehatan Ibu Hamil dengan sasaran Ibu Hamil, Kader Posyandu, Tim Peggerak PKK di Desa Olak-Alen Kecamatan Selorejo, Blitar, Sabtu (16/3/2019).

Kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat terutama untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Kholis eko cahyono, S.Kep. Ners-Manager Marketing Wava Husada menjelaskan Blitar sebagai salah satu binaan Mitra Desa Sehat-Wava Husada. Kegiatan yang dilaksanakan atas kerja bareng antara Wava Husada Kepanjen-Malang dan Wava Husada Kesamben tersebut bekerja sama dengan Polindes. 

TIMES-Indonesia-RS-Wafa-Husada-2.jpg

Ia menambahkan tujuan pemeriksaan kesehatan Ibu Hamil, Edukasi pentingnya Gizi kesehatan Bumil bagi masyarakat dan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibilty).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ristiningsih selaku Ketua Tim Penggerak PKK Desa Olak-Alen, kegiatan seperti ini rutin dilakukan oleh Wava Husada dalam setiap tahunya untuk tahun 2019.

"Ini sudah kegiatan yang ke tiga kalinya sebelumnya telah dilaksnakan di Binangun, Poh Gajih dan sekarang di Selorejo," jelasnya. 

Kegiatan yang dikuti oleh sekitar 70 orang ini terdiri dari 20 orang Ibu Hamil, Kader Posyandu dan Karang Taruna serta Tim Penggerak PKK. 

Lebih lanjut Bidan Desa Olak-Alen Nurul Fajar, selaku penanggung jawab Polindes menyampaikan kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi Ibu Hamil untuk terjalinya komunikasi dan pembinaan atau pendampingan anatara Bidan dan Ibu Hamil.

Dalam edukasi bagi Ibu Hamil juga disampaikan tentang pentingnya penggunaan dan pemanfaatan Buku KIA baik bagi Ibu Hamil maupun oleh Tenaga kesehatan (Bidan dan Dokter) serta oleh fasilitas layanan kesehatan sebagai media history (rekam) medis bagi Ibu Hamil itu sendiri.

Kegiatan sosial masyarakat berupa edukasi dan pemeriksaan oleh Wava Husada tersebut juga dihadiri oleh staf Jalin-USAID Mohamad Iksan sebagai Regional Officer Jawa Timur. Kehadiran Jalin Program dalam kegiatan tersebut dimaksudkan untuk observasi sebagai salah satu pembelajaran yang nantinya dapat dikembangkan di Kabupaten Malang dalam pelaksanaan lokal solusi upaya penurunan AKI/AKB dengan pendekatan kemitraaan kolaborasi yang akan di bingkai dalam Program Gerdu (Gerakan Terpadu) Meteng Waras-Lahir Bergas diamana Wava Husada adalah salah satu pihak yang berkomitmen untuk ikut serta berkontribusi.

Kegiatan sosial yang digelar Rumah sakit Wafa Husada ini mendapat respon positif dari seluruh warga Desa Olak-Alen. (*)

Jurnalis :
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration