Peristiwa Nasional

Indonesia Gaungkan Komitmen Pemenuhan Hak Perempuan di CSW ke-63 

Sabtu, 16 Maret 2019 - 11:02 | 27.22k
Menteri PPPA Yohana Yembise pada rangkaian Sidang ke-63 Commission on the Status of Women (CSW-63) di Markas Besar PBB New York. (FOTO: Humas Kemen PPPA)
Menteri PPPA Yohana Yembise pada rangkaian Sidang ke-63 Commission on the Status of Women (CSW-63) di Markas Besar PBB New York. (FOTO: Humas Kemen PPPA)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia gaungkan pentingnya sistem perlindungan sosial, akses pelayanan publik, dan infrastruktur berkelanjutan bagi pemenuhan hak perempuan dan anak perempuan pada rangkaian Sidang ke-63 Commission on the Status of Women (CSW-63).

Sidang CSW ke-63 yang diselenggarakan di Markas Besar PBB New York kali ini, memiliki tema “Social Protection System, Access to Public Services and Sustainable Infrastructure for Gender Equality and the Empowerment of Women and Girls”

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Yohana Yembise memimpin delegasi Indonesia yang terdiri dari pihak Kemenlu, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Ombudsman, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Komnas Perempuan, KOWANI, IWAPI, dan Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) New York.

Partisipasi Indonesia tahun ini sebagai observer karena keanggotaan Indonesia di CSW telah berakhir pada 2016. 

“Komitmen pemerintah Indonesia dalam memberikan perlindungan sosial, pelayanan publik, dan infrastruktur bagi perempuan telah dilakukan melalui berbagai peraturan dan kebijakan, seperti Instruksi Presiden untuk memprioritaskan usaha penghapusan diskriminasi gender dalam agenda pembangunan," kata Menteri Yohana.

Dalam menerapkan prinsip “No One Left Behind”, pemerintah Indonesia juga telah melaksanakan beberapa program yang telah terbukti meningkatkan kontribusi dalam mempromosikan pemberdayaan perempuan dan anak perempuan, yakni melalui akses ke sekolah, kesehatan, dan kegiatan ekonomi.

Pemerintah Indonesia juga senantiasa meningkatkan partisipasi perempuan dalam semua aspek pembangunan, termasuk peran perempuan di dalam sektor publik.

Hal ini dibuktikan dengan adanya 8 menteri perempuan yang mengelola isu strategis. "Selain itu, semakin banyak perempuan memegang posisi pengambilan keputusan di sektor publik,” ujar Menteri Yohana dalam sesi Ministerial Round Tables Roundtable B dalam rangkaian Sidang CSW ke-63.

Program yang telah dilakukan Pemerintah Indonesia dalam memberikan perlindungan sosial, pelayanan publik, dan infrastruktur bagi perempuan di antaranya Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Program Keluarga Harapan, Program Operasional Sekolah, Kabupaten/Kota Layak Anak, Kebijakan Dana Desa, dan lainnya. 

Menteri Yohana juga menyinggung pentingnya pelaksanaan pengarusutamaan gender melalui Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) untuk membantu memastikan tidak terjadinya kesenjangan dalam pelaksanaan pembangunan.

Di samping itu, perlu juga mempertimbangkan konteks lokal, seperti kebudayaan lokal untuk dimasukkan ke dalam desain kebijakan perlindungan sosial maupun infrastruktur.   

Di sela-sela pertemuan CSW ke-63, Menteri PPPA juga melakukan First Meet and Greet Head of Delegation MIKTA ( Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia).

“Penting bagi kita untuk melakukan upaya pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Selain itu, perlu berbagai upaya menghilangkan halangan bagi perempuan untuk melaksanaan kegiatan ekonomi dan melibatkan laki-laki dan partisipasi pemimpin tradisional serta agama dalam upaya pemberdayaan perempuan,” ujar Menteri Yohana.

Commission on the Status of Women (CSW) adalah salah satu komisi fungsional pemerintah internasional / intergovernmental di bawah Economic Social and Culture Rights (ECOSOC) yang spesifik menangani isu perempuan. Komisi ini bekerjasama dan berkoordinasi dengan Badan Fungsional terkait lainnya seperti Dewan HAM, Komite Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination Against Women (CEDAW), dan Komite Convention on the Rights of Children (CRC). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES