Gaya Hidup

Rambut Bebas Ketombe dengan Minyak Kelapa, Ini Caranya!

Sabtu, 16 Maret 2019 - 03:24 | 260.09k
Ilustrasi - Tips mengatasi ketombe dengan minyak kelapa (Foto: hallosehat)
Ilustrasi - Tips mengatasi ketombe dengan minyak kelapa (Foto: hallosehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKetombe adalah serpihan kulit yang berasal dari lapisan sel kulit mati di kepala. Ketombe biasanya akan diperparah oleh adanya infeksi jamur, eksim, psoriasis, kulit kepala yang sensitif, atau kondisi kulit kepala yang kering. Perawatan rambut yang salah dan sembarangan pun juga memperburuk kondisi ini. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah menggunakan minyak kelapa.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba ketika mengandalkan minyak kelapa untuk rambut ketombe. Berikut adalah beberapa tips yang disarankan.

1. Mengoleskan langsung ke kulit kepala

Pertama-tama, cuci rambut Anda seperti biasa. Setelah rambut Anda kering, oleskan minyak kelapa pada kulit kepala Anda, lalu pijat menggunakan jari selama 3-5 menit. Optimalkan manfaat minyak kelapa untuk rambut Anda dengan cara mengoleskannya secara merata, khususnya di area puncak kepala.

Setelah 5-10 menit, bilas rambut Anda dengan air hangat, lalu keringkan. Lakukan rutinitas ini sebanyak satu kali setiap minggu hingga ketombe Anda tampak berkurang.

2. Membuat masker rambut

Siapkan minyak kelapa, minyak zaitun, madu, dan yogurt, masing-masing sebanyak 2 sendok makan. Campurkan semua bahan hingga teksturnya membentuk pasta, balurkan pada kulit kepala Anda, lalu pijat selama 5-10 menit. Biarkan masker bekerja selama 45-60 menit.

Setelah itu, cuci rambut Anda menggunakan sampo hingga seluruh campuran masker luruh bersama air. Begitu rambut Anda mengering, oleskan satu sendok teh minyak kelapa pada kulit kepala Anda dan biarkan menyerap. Anda dapat menggunakan masker ini setidaknya satu kali seminggu hingga kondisi kulit kepala Anda membaik.

3. Mencampur dengan produk perawatan rambut

Anda dapat memanfaatkan minyak kelapa untuk mengatasi rambut berketombe dengan mencampurnya ke dalam sampo, kondisioner, atau bahkan produk yang Anda gunakan untuk menata rambut.

Cukup masukkan beberapa tetes minyak kelapa ke dalam produk-produk tersebut, lalu campurkan hingga merata. Gunakan seperti biasanya pada rambut Anda, lalu amati hasilnya setelah beberapa minggu penggunaan.

Meski identik dengan kulit kepala kering, sebagian orang juga dapat mengalami masalah ketombe akibat produksi minyak rambut yang berlebihan. Kondisi ini akan mengakibatkan pertumbuhan jamur yang tidak terkendali. Asam oleat yang diproduksi oleh jamur ini kemudian mengiritasi kulit kepala Anda dan membuatnya menjadi kering. Dampaknya, Anda pun mengalami masalah ketombe.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut memang menjanjikan, terlebih untuk mengatasi masalah ketombe. Namun, Anda perlu memahami lebih dalam masalah ketombe Anda sebelum menggunakannya. Minyak kelapa sebaiknya tidak digunakan bila masalah ketombe disebabkan oleh produksi minyak rambut berlebih, atau bila Anda memiliki alergi terhadap jenis minyak ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES