Peristiwa - Daerah

Apresiasi Eksotika Jawa Timur Matos, Wali Kota Malang: Ini Sinergi Penta Helix

Apresiasi Eksotika Jawa Timur Matos, Wali Kota Malang: Ini Sinergi Penta Helix Wali Kota Malang Sutiaji memberi sambutan di acara Eksotika Jawa Timur yang digelar Lippo Grup, Malang Town Square (Matos), Jumat (15/3/2019) malam. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Jum'at, 15 Maret 2019 - 21:22

TIMESINDONESIA, MALANG – Wali Kota Malang Sutiaji mengapresiasi penyelenggaraan Eksotika Jawa Timur yang digelar Lippo Grup, Malang Town Square (Matos), Jumat (15/3/2019) malam. Menurutnya, Eksotika Jawa Timur ini merupakan apresiasi hasil budaya bangsa.

"Ini adalah bagian dari penta helix, kunci sukses pariwisata Indonesia. Penta Helix ini terdiri dari sinergi, DPRD, media, akademisi, dunia usaha, dan masyarakat," kata Sutiaji.

TIMES-Indonesia-sutiaji-MATOS-2.jpg

Ia menyampaikan kesenian dan budaya yang ditampilkan malam ini harus terus dilestarikan. Menurutnya, masih banyak budaya Indonesia yang harus dijaga tengah era milenial.

"Budaya kita memiliki karakter yang harus dijaga. Sama seperti batik yang ditampilkan. Batik ini asli Indonesia," tambahnya.

TIMES-Indonesia-Eksotika-Budaya-Jawa-Timur-MATOS-5.jpg

Dalam kesempatan ini, Sutiaji membeberkan sejumlah rencana pengembangan Kota Malang, di antaranya pengambilan Ramayana menjadi aset Pemerintah Kota Malang, dan hadirnya 3 mall baru pada tahun 2020.

Seperti yang diketahui, Eksotika Budaya Jawa Timur, diangkat dari konsep global dari Lippo Malls Indonesia yaitu “The Rise of Lost Indonesia Treasure”. Acara ini mengajakan agar generasi muda tahu dan tidak melupakan budaya daerahnya dan turut menggaungkan budayanya hingga keturunannya nanti.

TIMES-Indonesia-Eksotika-Budaya-Jawa-Timur-MATOS-6.jpg

Selain itu, budaya yang hampir tenggelam seperti musik, kuliner, kesenian panggung tradisional dan batik juga ditampilkan dalam acara ini. Eksotika Budaya Jawa Timur berlangsung di Hall Matos lantai 1, Kota. Acara ini ditandai dengan dibukanya Bazar Matos Culture dan Food Festival yang diadakan selama 3 hari pada akhir pekan setiap minggu.

Pada acara ini, Matos bekerja sama dengan UMKM, Dinas Koperasi Kota Malang, Dinas Kebudayaan Kota Malang, Yayasan Inggil, dan Museum Musik Indonesia. 

TIMES-Indonesia-Eksotika-Budaya-Jawa-Timur-MATOS-7.jpg

Selain UMKM dan festival kuliner Jawa Timur, Eksotika Jawa Timur juga dimeriahkan dengan berbagai kompetisi menarik menambah kemeriahan acara dengan balutan budaya daerah. Pada ulang tahun Lippo Malls Indonesia, Matos atau Malang Town Square juga menggelar loma Fashion Busana Batik, Lomba Mewarnai Topeng, lomba karya vlog bertema budaya khas daerah. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration