Selasa, 26 Maret 2019
Peristiwa - Daerah

[POLISI HEBAT] Polresta Probolinggo Ungkap Sindikat Kakek Nenek Pencuri Emas

[POLISI HEBAT] Polresta Probolinggo Ungkap Sindikat Kakek Nenek Pencuri Emas Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal dengan tersangka dan barang bukti sindikat pencurian emas. (FOTO: Happy L. Tuansyah/TIMES Indonesia)
Jum'at, 15 Maret 2019 - 16:55

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOPolresta Probolinggo, berhasil mengungkap kakek nenek sindikat spesialis pencuri emas. Sindikat ini, beraksi antardaerah. Namun akhirnya berhasil digagalkan dan diringkus, ketika beraksi di Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Lima kakek nenek sindikat pencuri emas, tertangkap tangan ketika beraksi di salah satu toko emas, di Kota Probolinggo.

Mereka adalah Sumiyati, 60 tahun, Sulasiah, 50 tahun, warga Kelurahan Magersari Kecamatan Magelang Selatan. Lalu pasutri Nur Asma, 46 tahun dan Rusli, 68 tahun, warga asal Kelurahan Danurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Serta Artasiah, 60 tahun, warga Kelurahan Klayan Tengah, Kecamatan Banjarsari Selatan, Kota Banjarmasin.

Kelima tersangka melakukan pencurian emas di sebuah toko emas di jalan Panglima Sudirman, Kota Probolinggo. Modusnya, para pelaku berpura-pura sebagai pembeli emas. Selain itu ada peran tertentu saat komplotan ini beraksi. Ada yang berpura pura melihat keadaan sekitar, ada yang bertugas mengacaukan perhatian pelayan dan ada pula yang bertugas menerima emas curian.

Dari para tersangka, diamankan beberapa barang bukti. Diantaranya seuntai kalung emas dengan berat 47,54 gram, sepanjang 52 centimeter. Kalung tersebut seharga Rp 22 juta. Satu unit mobil calya warna hitam dengan nopol AA9026PA, juga diamankan sebagai barang bukti.

“Alasannya klasik, untuk menyambung hidup dan mengobati tersangka Rusli yang sakit gula. Tapi akan terus kami selidiki, kuat dugaan ini sindikat yang sangat lihai,” terang Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal, Jumat (15/3/2019).

Selain beraksi di Probolinggo, sindikat kakek nenek pencuri emas ini juga pernah beraksi di Jombang. Namun polisi akan terus melakukan penyelidikan, karena para pelaku ini sangat lihai dan berbelit belit dalam memberikan keterangan. Polresta Probolinggo juga akan berkoordinasi dengan polres di seluruh wilayah Indonesia, guna menyelidiki tindak kriminal pelaku ini. (*)

Jurnalis : Happy L. Tuansyah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Loading...
Registration