Pendidikan

Kuliah Umum Polbangtan Malang: Pertanian Mulai Dilirik Kaum Milenial

Jumat, 15 Maret 2019 - 19:42 | 70.30k
Dr Ir Sam Herudian MS dari tim pakar Upaya Khusus Kementan RI saat memberikan kuliah umum di Polbangtan Malang, Jumat (15/3/2019). (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)
Dr Ir Sam Herudian MS dari tim pakar Upaya Khusus Kementan RI saat memberikan kuliah umum di Polbangtan Malang, Jumat (15/3/2019). (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dunia pertanian mulai dilirik kaum milenial. Pernyataan itu disampaikan Dr Ir Sam Herudian MS dari tim pakar Upaya Khusus Kementerian Pertanian RI (Kementan RI) pada kuliah umum di Polbangtan Malang, Jumat (15/3/2019).

Dalam paparannya, ia menunjukkan perkembangan jumlah mahasiswa pertanian di Indonesia. Bersumber dari data Ditjen Dikti Kemenristekdikti RI, tahun 2010 - 2018 menunjukkan tren peningkatan sebesar 64,16 persen.

Prediksi Ditjen Dikti pada 2025 jumlah mahasiswa pertanian mencapai 536.000 orang.

Ia juga menunjukkan adanya peningkatan pendaftar di Polbangtan. "Pendidikan pertanian makin diminati," ucap dosen IPB ini.

Fakta lain juga disebutkan bahwa 8 dari 10 konglomerat atau orang terkaya di Indonesia, bergerak di sektor pertanian.

"Pertanian luar biasa, kalau ingin kaya pilihlah bidang pertanian," kata dia di hadapan ratusan mahasiswa.

Sam menandaskan bahwa masa depan pertanian Indonesia menjanjikan karena adanya teknologi. Dalam memajukan pertanian Indonesia, kebijakan pemerintah mendorong pemanfaatan teknologi.

"Dengan pemanfaatan teknologi, kita bisa meningkatkan hasil dan menyejahterakan petani, dan menarik kaum milenial kembali ke pertanian karena hasilnya bisa dirasakan," ujar Sam Herudian.

Ia berharap kaum milenial semakin mencintai dan menggeluti dunia pertanian yang memiliki masa depan.

"Kalian sudah masuk Polbangtan Malang, kalian sudah masuk dunia yang benar (pertanian), lakukan dengan benar, belajar dengan benar," ujarnya berpesan kaum milenial. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES