Ekonomi

JNE Ngajak Online 2019: Tingkatkan Potensi UKM Probolinggo dengan Digital Marketing

Jumat, 15 Maret 2019 - 18:34 | 63.59k
Kegiatan JNE Ngajak Online 2019 yang digelar pada Kamis (14/3/2019) di Bromo View Hotel Probolinggo, Jawa Timur. (FOTO: Istimewa)
Kegiatan JNE Ngajak Online 2019 yang digelar pada Kamis (14/3/2019) di Bromo View Hotel Probolinggo, Jawa Timur. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Probolinggo sebuah Kota di tenggara Surabaya ternyata memiliki segudang potensi. Hal ini terlihat dalam kegiatan JNE Ngajak Online 2019 yang digelar pada Kamis (14/3/2019) di Bromo View Hotel Probolinggo, Jawa Timur. 

Sebanyak 120 peserta UKM baik dari Kota dan Kabupaten di Probolinggo mengikuti workshop gratis yang diselenggarakan JNE ini. Hampir seluruh UKM yang hadir membawa produk unggulannya yang sangat bervariasi. 

JNE-Ngajak-Online-2019-b.jpg

Beberapa di antarannya didominasi dengan produk olahan hasil laut seperti abon ikan, sambal tongkol, krupuk ikan dll. Terlihat juga produk makanan dan minuman yang unik seperti abon kluwih dan minuman yang terbuat dari belimbing wuluh.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata JNE ingin turut serta  memajukan  UKM di Indonesia yang sebagian besar juga pelanggan JNE. Perlu diketahui bahwa sejak 2010 berkembangnya JNE memberikan kontribusi besar bagi kemajuan bisnis JNE. Maka dari itu Sebagai perusahaan logistik yang telah dipercaya menjadi mitra distribusi para UKM di seluruh penjuru negri JNE merasa perlu ambil bagian dalam era industri 4.0. 

Selain terus melakukan digitalisasi pada proses bisnisnya, JNE juga ikut berperan serta dalam memberikan edukasi pada masyarakat umum maupun UKM mengenai  strategi penjualan di era digital.

Tahun ini, JNE kembali menggelar program untuk meningkatkan potensi UKM, yaitu workshop “JNE Ngajak Online 2019” bertema “Mengemas Produk & Strategi Digital’. Workshop 16 kota ini digelar bagi pengusaha dan UKM di daerah secara gratis. 

Tujuannya adalah produk berkualitas yang dihasilkan UKM dapat dipasarkan secara luas melalui langkah-langkah strategis. Salah satunya dengan memperhatikan packaging produk dan tampilan produk sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

JNE-Ngajak-Online-2019-c.jpg

Di depan 120 entrepreneur, Natalie memaparkan berbagai hal mengenai pentingnya packaging serta pengambilan foto produk dalam menunjang promosi penjualan. Natalie mengungkapkan bahwa di berbagai daerah di Indonesia, seperti halnya Probolinggo, telah memiliki produk yang kompetitif dan berkualitas, namun masih banyak produsen atau pebisnis yang belum dapat memanfaatkan strategi berjualan online secara maksimal. 

JNE Ngajak Online Probolinggo dihadiri oleh  perwakilan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Kota  Probolinggo. Dalam sambutannya Irma Puspitasari, S.Sos, MM selaku Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro mengapresiasi kegiatan yang digagas JNE sekaligus dukungan bagi para peserta untuk mengikuti workshop. 

Ia mengatakan bahwa di era digital marketing UKM juga harus mengikuti perkembangan teknologi informasi. Digital marketing merupakan kesempatan bagi UKM untuk dikenal daerah di Indonesia atau bahkan meraih pasar luar negeri.

Dalam sharing session hadir Rumanto pelaku UKM sekaligus pelanggan JNE yang merupakan produsen jilbab dengan merek dagang Nurani Jilbab. Rumanto menjadi pelanggan setia JNE sejak tahun 2009. Selama 10 tahun Rumanto merasakan bahwa bisnisnya maju bersama JNE Probolinggo. 

Kala itu Rumanto adalah karyawan dengan jabatan terakhir sebagai Supervisor Accounting yang kemudian memutuskan resign dan turut mengembangkan Nurani Jilbab bersama istrinya. Usahanya berbuah hasil ketika kini omsetnya mencapai ratusan juta rupiah.

Hal yang tidak kalah pentingnya, adalah pemahaman tentang cara-cara mau pun strategi distribusi dari produk-produk yang dihasilkan, baik di dalam kota mau pun ke seluruh Indonesia, bahkan pengiriman paket keluar negeri. Untuk memberikan pandangan bagi para peserta terkait dengan strategi pengiriman paket, hadir sebagai narasumber yaitu Zaenal, Branch Manager JNE Probolinggo

JNE-Ngajak-Online-2019-d.jpg

Zaenal menyampaikan: “UKM di Probolinggo memiliki potensi besar karena begitu banyak produk-produk yang kompetitif khususnya hasil laut untuk dipasarkan ke seluruh nusantara, bahkan luar negeri. Karena itulah JNE hadir dan menyelenggarakan program “JNE Ngajak Online 2019” untuk memberikan inspirasi mau pun pengetahuan lebih kepada para pengusaha di Probolinggo dan sekitarnya, agar bisnis yang dijalankan dapat terus berkembang dengan meningkatnya angka penjualan”. 

Hal ini, menurutnya, dapat dimulai dari mempelajari strategi pemasaran produk agar produk daerah menjadi tuan di negeri sendiri.

Selain penjelasan mendalam tentang strategi distribusi paket serta pemasaran pada e-commerce, JNE juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendaftar langsung menjadi member JNE Loyality Card (JNE) di tempat acara dan langsung mendapatkan 10 bonus poin. JNE Ngajak Online 2019 pun semakin meriah dengan adanya games menarik dan doorprize yang dibagikan dalam kegitan ini.

Di samping menggelar pelatihan, JNE pun mengadakan “JNE Ngajak Ngirim” yaitu program gratis ongkos kirim yang berlaku sehari setelah acara “JNE Ngajak Online” digelar. “JNE Ngajak Ngirim” berlaku di service Reguler untuk pengiriman paket dengan tujuan di dalam kota yang sama, dan pengiriman antar kota atau kabupaten dalam 1 wilayah.  

Khusus di Probolinggo, JNE Ngajak Ngirim digelar pada Jumat, 15 Maret 2019 untuk pengiriman tujuan Kota dan Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Situbondo.

Program gratis ongkir ini digelar di 16 kota tempat digelarnya JNE Ngajak Online 2019, yaitu Lampung, Karawang, Cirebon, Sukabum, Tasikmalaya, Cilacap, Magelang, Madiun, Kediri, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Jember, Kendari, Ternate, dan Timika. Bukan hanya itu, untuk memaksimalkan dukungan terhadap UKM lokal menuju pasar global, JNE pun telah mempersiapkan layanan JNE Internasional Shipment yang dapat mendistribusikan paket pelanggan ke lebih dari 250 negara utama di semua benua. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES