Peristiwa Nasional

OTT KPK RI di Jawa Timur Diduga Perkara Pengisian Jabatan Kemenag

Jumat, 15 Maret 2019 - 16:23 | 26.08k
Juru Bicara KPK RI, Febri Diansyah. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)
Juru Bicara KPK RI, Febri Diansyah. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi RI (KPK RI) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Jawa Timur, Jumat (15/3/2019) pagi. Operasi tersebut diduga terkait transaksi pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) baik pusat maupun daerah.

"Dari identifikasi yang sudah kami lakukan, diduga terkait dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama baik di pusat ataupun di daerah," ungkap Juru Bicara KPK RI, Febri Diansyah di Gedung ACLC KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2019).

Febri mengatakan jika tim yang berada di Jawa Timur mendapatkan informasi adanya transaksi yang melibatkan penyelenggara negara. Setelah ditindaklanjuti, tim mendapati lima orang yang berasal dari unsur swasta hingga penyelenggara negara seperti anggota DPR RI dan pejabat dari Kementerian Agama di daerah.

"Tentu kami perlu mendalami lebih lanjut informasi-informasi tersebut dan KPK belum bisa menyebutkan siapa saja orang-orang yang diamankan," ujarnya.

Selain mengamankan lima orang, tim juga menemukan sejumlah uang yang diduga digunakan untuk transaksi pengisian jabatan di Kemenag itu.

"Konfirmasi saat ini ada uang yang diamankan dalam pecahan rupiah, diduga itu terkait dengan pengisian jabatan di Kementerian. Kementerian ini tidak hanya di Jakarta ya tetapi juga jaringan atau struktur Kementerian yang ada di daerah juga," jelas Febri.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, pemeriksaan masih akan tetap dilakukan oleh tim KPK RI hingga batas waktu 24 jam sebelum akhirnya ditentukan status hukum dari perkara OTT di Jawa Timur tersebut. "Apakah tetap di penyelidikan atau ditingkatkan ke penyidikan," tandas Febri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES