Jum'at, 22 Maret 2019
Peristiwa - Daerah

Dubes Kolombia: Menlu dan 27 Wali Kota Kolombia akan Mengunjungi Bali

Dubes Kolombia: Menlu dan 27 Wali Kota Kolombia akan Mengunjungi Bali Duta Besar Kolombia Juan C. Valencia saat menemui Gubernur Bali Wayan Koster di Ruang Tamu Gubernur, Kantor Gubernur Bali, Jumat (15/3/2019).(FOTO IST/TIMES Indonesia).
Jum'at, 15 Maret 2019 - 15:57

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Pemerintah Kolombia berniat mengadakan kunjungan resmi ke Pemerintah Provinsi Bali untuk mempererat hubungan antar negara.

Hal tersebut, disampaikan Duta Besar Kolombia Juan C Valencia, saat menemui Gubernur Bali Wayan Koster di Ruang Tamu Gubernur, Kantor Gubernur, Denpasar, Bali, Jumat (15/3/2019).

Duta Juan menyampaikan, bahwa Menteri Luar Negeri Kolombia Maria Angela Holguin akan melihat Bali pada bulan April mendatang. Sementara di bulan Maret ini sebanyak 27 walikota se-Kolombia juga berencana untuk melakukan studi banding ke Bali. 

“Beliau (Menlu Kolombia) ingin melihat Ubud dan berkunjung ke destinasi-destinasi wisata lain yang berhasil di Bali,” ujarnya.

Dubes Juan mengatakan kunjungan Menlu Kolombia sejalan dengan kebijakan pemerintah Kolombia yang sedang mendorong orange economy atau ekonomi kreatif. Mereka menilai Bali sebagai salah satu daerah yang berhasil mengembangkan ekonomi kreatif dengan sangat baik. 

Ia menambahkan pemerintah Kolombia juga ingin belajar bagaimana mengelola eco-tourism. Bahkan ke depan, Bali diharapkan bisa melakukan kerjasama sister city dengan salah satu destinasi wisata andalan di Kolombia, yakni kota Cartagena. Cartagena adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di kepulauan Karibia yang terkenal dengan bangunan bersejarah.

 “Kita ingin sama-sama belajar tentang pariwisata,” imbuh Dubes Juan.

Sementara, di bidang pendidikan pemerintah Kolombia juga menawarkan untuk memberikan kursus bahasa spanyol gratis selama empat bulan untuk masyarakat Bali. 

"Program ini, tahun lalu sudah dijalankan di ITB dan selanjutnya saya berharap bisa dilakukan di Bali untuk menambah keterampilan para pemandu pariwisata di Bali," ujar Dubes Juan.

Sementara Gubernur Bali Wayan Koster menyambut baik rencana kedatangan tamu negara ke Bali. Ia menyatakan akan dengan senang hati bertemu dengan Menlu Kolombia pada bulan April mendatang. “Sebuah kehorrmatan dan saya pasti akan menerima kedatangan beliau di pulau dewata ini,” kata Koster. (*)

Jurnalis : Muhammad Khadafi
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bali

Komentar

Loading...
Registration