Peristiwa Internasional

Penembakan di Masjid Selandia Baru, Menlu RI Konfirmasi Ada WNI di Lokasi

Jumat, 15 Maret 2019 - 13:51 | 79.31k
Salah satu masjid di Selandia Baru yang menjadi lokasi penembakan (Foto: BBC)
Salah satu masjid di Selandia Baru yang menjadi lokasi penembakan (Foto: BBC)

TIMESINDONESIA, SELANDIA BARU – Menyusul insiden penembakan masjid di Selandia Baru pada Jumat (15/3/2019), Menteri Luar Negeri RI (Menlu RI), Retno Marsudi mengonfirmasi adanya Warga Negara Indonesia (WNI) berada di lokasi saat peristiwa mengerikan itu terjadi.

"Informasi awal mengatakan bahwa terdapat 6 warga negara Indonesia yang berada di masjid tersebut. Tiga warga negara Indonesia berhasil melarikan diri. Sudah bisa melakukan kontak," katanya di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2019).

Menurut Retno, tiga WNI lainnya masih dicari oleh KBRI Wellington yang menerjunkan tim untuk memastikan keselamatan mereka. "Kita sedang mencari tiga warga negara Indonesia yang lainnya," imbuhnya sembari menambahkan ada 330 WNI tinggal di Christchurch dengan 130 di antaranya pelajar. 

Penembakan terjadi di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru yakni Masjid Al Noor di Deans Avenue dan satu masjid di Linwood Avenue.

Polisi mengklaim sudah menangkap 4 orang, tiga laki-laki dan satu perempuan terkait penembakan brutal ini. Salah satu pelaku yang mengidentifikasi diri sebagai Brenton Tarrant, pria Australia berusia 28 tahun, menyiarkan aksinya secara live sebelum videonya tersebut dihapus Facebook.

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern mengatakan ini adalah 'salah satu hari terkelam' negara tersebut. Dilaporkan korban penembakan di masjid Selandia Baru ini mencapai 40 orang tewas dan 20 lainnya terluka serius. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES