Peristiwa Daerah

Kawasan Gunung Bromo Hujan Abu, Polres Probolinggo Bagi-bagi Masker 

Jumat, 15 Maret 2019 - 13:05 | 53.93k
Kapolres Probolinggo bersama jajarannya membagikan masker di lautan pasir Bromo. (FOTO: Happy L. Tuansyah/TIMES Indonesia)
Kapolres Probolinggo bersama jajarannya membagikan masker di lautan pasir Bromo. (FOTO: Happy L. Tuansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOHujan abu karena aktivitas erupsi Gunung Bromo, masih berlangsung. Sejumlah kawasan terpapar hujan abu tipis ini. Polres Probolinggo, membagikan masker gratis bagi wisatawan dan warga di sekitar laut pasir Bromo. Guna mengantisipasi paparan abu vulkanik yang mengguyur kawasan tersebut.

Anggota Biddokes Polres Probolinggo membagikan masker  bersama TNI dan TNBTS. Masker dibagikan kepada wisatawan asing, wisatawan lokal, maupun para pelaku wisata seperti ojek kuda. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir, dampak abu vulkanis yang keluar dari kawah gunung bromo.

TIMES-Indonesia-Gunung-Bromo-Hujan-Abu-2.jpg

“Kami datang langsung ke kawasan terdampak hujan abu. Memberikan masker gratis, sekaligus mengimbau agar wisatawan berhati hati. Bromo masih aman dan kondusif, sesuai dengan batas aman yang ditetapkan otoritas setempat,” jelas Kapolres Probolinggo, AKBP Eddwi Kurniyanto, Jumat (15/3/2019), di laut pasir Bromo.

Kapolres mengatakan, dalam kondisi ini, masker sangat penting. Masker mencegah butiran abu tipis tersebut bisa masuk ke saluran pernafasan. Abu vulkanis berbahaya bagi tubuh karena mengandung silika. 

TIMES-Indonesia-Gunung-Bromo-Hujan-Abu-3.jpg

Selain itu, petugas juga mengingatkan wisatawan maupun warga, agar tidak memasuki kawasan satu kilometer dari kawah.

Walaupun kawasan Gunung Bromo erupsi dan hujan abu, tidak ada penutupan pada obyek wisata internasional ini. Wisatawan dapat menikmati Gunung Bromo dari jarak aman yang sudah ditentukan otoritas setempat. Yakni di luar radius satu kilometer dari puncak kawah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES