Gaya Hidup

Benarkah Tidur Larut Malam Sebabkan Tubuh Gemuk?

Jumat, 15 Maret 2019 - 03:23 | 70.22k
Ilustrasi - Tidur Larut Malam (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi - Tidur Larut Malam (Foto: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sering begadang atau tidur larut malam bisa berdampak buruk untuk tubuh. Salah satunya adalah membuat tubuh menjadi gemuk. Jika Anda tak ingin memiliki tubuh gemuk, sebaiknya hindari kebiasaan ini tidur larut malam ini. Lantas, mengapa tidur larut malam bisa membuat tubuh gemuk?

Dilansir dari Antara, dokter sekaligus CEO RS Pondok Indah Group, dr. Yanwar Hadiyanto, MARS mengatakan tidur larut cenderung menyediakan ruang bagi Anda untuk makan lagi setelah makan malam.

Sementara itu, peneliti dari Northwestern University dalam jurnal Obesity, seperti dilansir WebMD menemukan bahwa makan di malam hari menyebabkan kenaikan berat badan dua kali lipat.

Buku-buku diet, ahli diet, dan bahkan Oprah merekomendasikan untuk tidak makan setelah makan malam, selain camilan kecil dengan kalori terbatas, karena sangat mudah untuk Anda mengonsumsi lebih.

Orang-orang makan di malam hari karena berbagai alasan yang seringkali tidak ada hubungannya dengan rasa lapar, mulai dari rasa ingin hingga mengatasi kebosanan atau stres.

Camilan setelah makan malam pun cenderung tidak bisa dikendalikan. Pilihan makanannya pun sebagian besar mengandung kalori tinggi seperti keripik, kue, dan permen, yang dimakan sambil duduk di depan televisi atau komputer.

Untuk menghindari keinginan makan saat malam hari, sebaiknya Anda tidak tidur larut malam. Selain mencegah tubuh gemuk, Anda juga bisa mendapatkan manfaat sehat lainnya dengan tidur lebih awal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES