Gaya Hidup

Sering Tidak Disadari, Ini Lima Penyebab Bau Mulut yang Perlu Diwaspadai

Jumat, 15 Maret 2019 - 05:20 | 253.23k
Ilustrasi - Penyebab Bau Mulut (Foto: Orami)
Ilustrasi - Penyebab Bau Mulut (Foto: Orami)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bau mulut tak sedap bisa membuat kita tidak percaya diri saat berbicara. Meski sudah rajin menyikat gigi kadang bau mulut masih susah untuk dihilangkan. Penyebab bau mulut ini sangat beragam. Tidak hanya dari makanan, bau mulut bisa juga disebabkan oleh kondisi mulut kita.

Apa saja penyebab bau mulut? Berikut ini penyebab bau mulut yang sering tidak disadari.

1. Mulut kering

Tanpa disadari, jumlah air liur yang sedikit bisa memicu bau mulut tak sedap. Air liur atau saliva berperan penting untuk menjaga kesehatan gigi, mulut, dan napas Anda. Selain membantu melumatkan makanan, cairan bening ini juga bertugas untuk membantu membilas sisa-sisa makanan dan bakteri dari mulut.

Ketika mulut tidak menghasilkan air liur yang cukup, maka bakteri dan kuman akan bersarang dengan nyaman dalam mulut Anda. Nah, bakteri-bakteri inilah yang jadi penyebab bau mulut.

2. Infeksi mulut, hidung, atau tenggorokan

Orang yang mengalami sinusitis, post-nasal drip, atau sakit tenggorokan akibat infeksi bakteri (strep throat) cenderung mengalami masalah bau mulut tak sedap.

Infeksi tersebut kebanyakan disebabkan oleh bakteri. Bakteri tersebut kemudian memakan lendir yang diproduksi oleh tubuh, padahal lendir ini semestinya digunakan untuk melawan infeksi. Akibatnya, timbullah bau busuk dan memunculkan aroma tak sedap dari mulut.

3. Asam lambung naik

Bau mulut ternyata juga bisa dipicu oleh gangguan pencernaan, salah satunya nrefluks asam lambung (GERD). GERD merupakan kondisi saat asam lambung kembali naik ke kerongkongan dan mengiritasi lapisan tenggorokan.

Ketika ini terjadi, Anda biasanya akan mengalami perut mulas dan rasa pahit atau asam di mulut. Efek lainnya juga menyebabkan bau mulut tak sedap.

4. Obat-obatan tertentu

Ada beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan bau mulut, di antaranya antihistamin, antipsikotik, dan obat diuretik. Obat-obatan tersebut memiliki efek samping berupa mulut kering yang dapat memicu bau mulut.

5. Kebiasaan merokok

Percuma saja kalau Anda sudah rajin menyikat gigi atau berkumur-kumur dengan obat kumur, tapi masih saja merokok. Sebab, kebiasaan merokok inilah yang akan selalu menyebabkan aroma napas Anda jadi tak sedap.

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam Hong Kong Medical Journal tahun 2004, merokok adalah penyebab bau mulut yang paling umum. Merokok dapat menurunkan produksi air liur dalam mulut sehingga mulut jadi terasa kering. Ketika mulut semakin kering, maka akan semakin banyak bakteri yang tumbuh subur di dalam mulut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES